Gandeng Pelita Air, Anak Usaha AP I Operasikan Pesawat Kargo

Kompas.com - 04/06/2020, 18:13 WIB
Angkasa Pura Logistik dan Pelita Air Service menandatangani kerja sama dalam penyewaan pesawat Dok. Angkasa Pura LogistikAngkasa Pura Logistik dan Pelita Air Service menandatangani kerja sama dalam penyewaan pesawat

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I (Persero) resmi mengoperasikan layanan pesawat logistik. Pada layanan ini, AP I melalui anak usahanya PT Angkasa Pura Logistik bekerja sama dengan Pelita Air Service sebagai mitra penyedia penyewaan pesawat logistik.

Untuk tahap awal, AP I telah menyewa pesawat kargo tipe ATR 72-500F yang dimiliki PT Pelita Air Service. Di Juli 2020 nanti akan datang lagi pesawat jenis serupa untuk melayani pengangkutan kargo.

Pesawat kargo ini bagian dari kontrak yang ditandatangani dengan Pelita Air pada Januari 2020. Pada kontrak tersebut melakukan sewa jangka panjang dengan Pelita Air,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura Logistik Danny P. Thaharsyah saat konferensi pers virtual, Kamis (4/6/2020).


Danny menambahkan, pesawat ATR 72-500 yang mampu mengangkut kargo hingga 8 ton ini akan melayani dua rute. Nantinya, layanan kargo AP I ini memiliki frekuensi terbang lima kali dalam sepekan.

Adapun rute yang akan dilayani, yakni Jakarta-Banjarmasin-Surabaya-Banjarmasin-Jakarta dan Jakarta-Batam-Jakarta.

Untuk pesawat ATR 72-500 yang akan datang di Juli nanti rencananya akan dioperasikan di rute Jakarta-Ujung Pandang-Jakarta.

“Dengan makin lengkapnya layanan logistik perusahaan dapat meningkatkan daya saing dan bisnis perusahaan serta dapat berkontribusi terhadap peningkatan konektivitas, aksesibilitas, dan efektifitas logistik nasional," kata Danny.

Sementara itu, Direktur Utama PT AP I Faik Fahmi menjelaskan, pembukaan layanan penerbangan kargo ini sebagai salah satu strategi perseroannya di masa pandemi Covid-19 ini.

“Angkasa Pura I berupaya mendorong kinerja bisnis kargo yang pada masa pandemi ini penurunannya tidak terlalu dalam seperti trafik penumpang,” kata Faik.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X