Negara Anggota G20 Sepakat Gelontorkan Rp 294 Triliun Lawan Corona

Kompas.com - 06/06/2020, 12:33 WIB
Ilustrasi dollar AS Thinkstock.comIlustrasi dollar AS

CAIRO, KOMPAS.com - Negara-negara anggota G20 yang masuk dalam ketegori negara kaya dan berkembang sepakat bakal menggelontorkan lebih dari 21 miliar dollar AS atau sekitar Rp 294 triliun (kurs Rp 14.000) untuk memerangi pandemi virus corona.

Seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (6/6/2020), dana tersebut bakal digunakan untuk vaksin, terapi, hingga penelitian dan pengembangan.

"Negara-negara anggota G20, dan negara lain yang diundang telah mengoordinasi upaya global untuk mendukung perang melawan pandemi Covid-19). Saat ini, anggota G20 dan negara terundang lainnya telah berjanji untuk menyumbangkan 21 miliar dollar AS dana dukungan untuk mendanai dunia medis," jelas G20.

Baca juga: Lawan Corona, G20 Luncurkan Inisiatif untuk Permudah Akses Alat Kesehatan

Pada bulan April lalu, yayasan tersebut telah meminta seluruh negara anggota, organisasi nirlaba, yayasan filantropi hingga sektor swasta untuk membantu menutup kekurangan dana dalam melawan pandemi Covid-19 yang sebesar 8 miliar dollar AS.

Arab Saudi yang kini menjabat sebagai ketua G20 telah berjanji menghibahkan 500 juta dollar AS untuk mendukung upaya global dalam melawan pandemi.

Secara lebih rinci, anggaran tersebut bakal dialokasikan sebesar 150 juta dollar AS untuk Koalisi Kesiapan dan Inovasi Epidemi, sebesar 150 juta dollar AS untuk Aliansi Global untuk vaksin dan imunisasi, dan 200 juta dollar AS sisanya auntuk organisasi dan program-program kesehatan lainnya.

Baca juga: Di Pertemuan G20, Sri Mulyani Bahas Pajak Digital dengan Menkeu Arab Saudi

Setidaknya saat ini tercatat sebanyak 391.108 jiwa di dunia tewas akibat pandemi Covid-19 dengan lebih dari 6,68 juta penduduk dunia telah terinfeksi virus tersebut.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X