Mau Melamar Kerja? Simak 3 Tips Ini agar Peluang Diterima Lebih Besar

Kompas.com - 27/07/2020, 11:40 WIB
Ilustrasi Thinkstock.comIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melamar pekerjaan dan wawancara secara online di masa pandemi telah menjadi tantangan yang hampir tidak pernah terjadi sebelumnya.

Dalam wawancara, tentu penting untuk menempatkan diri sebagai kandidat pekerjaan menggunakan semua koneksi, keterampilan, dan alat yang kamu miliki. Sebab di masa pandemi, kamu akan mengalami saingan yang lebih ketat untuk setiap pekerjaan yang tersedia.

“Kamu memasuki pasar di mana kamu mendapat insentif sebagai pencari kerja untuk melakukan segala yang kamu bisa agar menonjol,” kata CEO pasar kerja ZipRecruiter, Ian Siegel dikutip dari CNBC, Senin (27/7/2020).

Untuk itu, Siegel menyarankan kamu fokus pada 3 tips berikut ini.

Baca juga: Sampoerna Buka 20 Posisi Lowongan Kerja, Tertarik Melamar?

Tips ini mungkin dapat meningkatkan peluang Anda dipanggil untuk wawancara dengan manajer perekrutan di sebuah perusahaan. Cara ini juga memberikan kesan positif yang bertahan lama.

1. Buar referensi berkualitas

Salah satu langkah pertama sebelum mencari kerja adalah memperbarui resume dan profil online Anda. Saat Anda memoles ringkasan LinkedIn dan riwayat kerja, Anda harus memastikan koneksi Anda juga terkini.

Sebab, manajer perekrutan mungkin memeriksanya untuk melihat apakah Anda terhubung dengan mantan rekan kerja dan masih berinteraksi dengan baik.

Mereka juga ingin melihat apakah Anda terhubung dengan para pemimpin industri atau seseorang di perusahaan mereka sendiri, yang dapat mereka rujuk untuk bertanya tentang Anda dan pencalonan pekerjaan Anda.

Pertimbangkan koneksi virtual ini sebagai penilaian awal dari lingkaran profesional Anda.

Halaman:


Sumber CNBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X