Cerai, Mantan Istri Jeff Bezos Sumbangkan Kekayaan Rp 24,8 Triliun

Kompas.com - 29/07/2020, 12:40 WIB
CEO Amazon Jeff Bezos dan mantan istrinya, MacKenzie Bezos. Foto ini diambil pada 26 Februari 2017 di Hollywood, California, AS. (AFP/Jerod Harris) CEO Amazon Jeff Bezos dan mantan istrinya, MacKenzie Bezos. Foto ini diambil pada 26 Februari 2017 di Hollywood, California, AS. (AFP/Jerod Harris)

NEW YORK, KOMPAS.com - MacKenzie Scott, mantan istri orang terkaya di dunia dan pendiri Amazon Jeff Bezos, menyatakan telah menyumbangkan kekayaannya sebesar 1,7 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 24,8 triliun (kurs Rp 14.606 per dollar AS) untuk kegiatan amal.

Dilansir dari BBC, Rabu (29/7/2020), ia telah menyumbangkan kekayaannya ke sejumlah universitas dengan latar belakang sejarah masyarakat Afrika-Amerika, kelompok yang fokus pada perubahan iklim, dan sejumlah organisasi kesehatan.

Scott pun dalam unggahan di media sosial menyatakan telah mengubah nama belakangnya menjadi Scott, menanggalkan nama belakang mantan suaminya.

Baca juga: Cerai dari Jeff Bezos, MacKenzie Bakal Donasikan Separuh dari Kekayaan

Adapun saat ini Scott adalah perempuan terkaya kedua di dunia, dengan kekayaan mencapai 62 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 905,3 triliun. Scott dan Bezos resmi bercerai pada tahun 2019 lalu.

Scott, yang merupakan seorang novelis, menikah dengan Bezos setahun sebelum Amazon didirikan. Scott pun adalah salah satu pegawai awal Amazon.

Cerai dengan Bezos, Scott mendapatkan 4 persen saham Amazon.

Tidak lama setelah mengumumkan perceraian, Scott bergabung dengan gerakan Giving Pledge yang diinisiasi oleh Bill Gates dan Warren Buffett. Gerakan ini mengajak para miliarder dunia menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk kegiatan amal.

Scott mengaku telah menyaksikan paruh pertama tahun 2020 dengan campuran rasa patah hati dan kengerian. Ia pun memberikan informasi terbaru terkait donasi yang dilakukannya.

Baca juga: Dalam Satu Hari, Kekayaan Jeff Bezos Melonjak Rp 191,1 Triliun

"Refleksi saya sendiri setelah peristiwa baru-baru ini adalah menyadarkan tentang keuntungan yang saya peroleh namun saya abaikan, (yakni) perhatian yang bisa saya minta kepada organisasi dan para pemimpin untuk mendorong perubahan," tulis Scott dalam unggahannya di Medium.

Beberapa miliarder dunia yang juga telah bergabung dengan Giving Pledge antara lain pendiri dan CEO Tesla Elon Musk, pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg dan istrinya, Priscilla Chan, serta pendiri eBay Pierre Omidyar dan istrinya, Pam.

Bezos sendiri belum bergabung dengan gerakan tersebut.

Halaman:


Sumber BBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X