KILAS

Dengan 4 Program Ini, PGN Bantu Pemulihan Ekonomi Akibat Covid-19

Kompas.com - 29/07/2020, 19:58 WIB
Direktur Komersial PT PGN, Faris Aziz saat diskusi publik yang membahas tentang peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor energi dan pertambangan dalam pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19, Selasa (28/07/2020). Dok. Humas PGNDirektur Komersial PT PGN, Faris Aziz saat diskusi publik yang membahas tentang peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor energi dan pertambangan dalam pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19, Selasa (28/07/2020).


KOMPAS.com - Direktur Komersial PT Perusahaan Gas Negara Tbk ( PGN), Faris Aziz menegegaskan, PGN berkomitmen untuk ikut andil dalam upaya pemulihan perekonomian nasional akibat pandemi Covid-19.

Hal tersebut ia sampaikan dalam diskusi publik yang membahas tentang peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor energi dan pertambangan dalam pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19, Selasa (28/07/2020).

Ia menjelaskan, untuk mendukung komitmen dalam pemulihan perekonomian tersebut, PGN sebagai sub holding gas BUMN melaksanakan empat program.

"Pertama, mengimplementasi Keputusan Menteri ( Kepmen) Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia ( ESDM) Nomor 13 tahun 2020," jelasnya.

Baca juga: Bersiap untuk Transformasi, PGN akan Lebih Fokus pada Bisnis Utama secara Berkelanjutan

Faris mengatakan, Kepmen tersebut berisi tentang regasifikasi dan konversi Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Diesel (PLTMD) milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) di 52 lokasi dalam beberapa tahun ke depan.

"Tugas PGN secara khusus adalah mempercepat pelaksanaan melalui Quick Win di 3 lokasi utama, yaitu PLTMD Nias, Tanjung Selor dan Sorong," tegasnya.

Oleh karenanya, menurut dia, PGN dan PLN harus bisa mengakselerasi proyek itu, sehingga didapatkan sumber energi yang bisa dinikmati di wilayah-wilayah tersebut dengan harga yang bersaing.

"Ke depan, akan lebih banyak lagi pembangunan apabila Kepmen ESDM ini dapat terwujud, khususnya di wilayah Indonesia Tengah, Tenggara, dan Timur,” ujar Faris.

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Gas Pembangkit Listrik, PGN Bangun 8 Klaster LNG

Kemudian kedua, Faris mengatakan, PGN berupaya untuk memasok lebih banyak gas sebagai energi untuk pembangkit yang ada di refinery  atau kilang minyak Pertamina melalui gasifikasi Kilang Pertamina.

"Potensi demand di sana akan diupayakan sesegera mungkin, sehingga refinery Pertamina bisa lebih efisien dalam mengelola kegiatan bisnisnya," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X