Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat Kurban Online, Penghimpunan Dana Kurban Dompet Dhuafa Melonjak 60 Persen

Kompas.com - 05/08/2020, 19:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi virus corona mendorong hadirnya layanan kurban online.

Lembaga filantropi Dompet Dhuafa melaporkan peningkatan penghimpunan Program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa jika dibandingkan dengan tahun lalu. Tahun ini, keseluruhan tercatat perolehan nasional kurban Dompet Dhuafa sebesar Rp 76,9 miliar.

Angka tersebut tumbuh signifikan sebesar 60 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Baca juga: Deretan Sapi Termahal yang Dibeli Presiden Jokowi untuk Kurban

"Catatan tersebut dapat teraih tak luput dari hadirnya beberapa pilihan pembayaran kurban secara online atau memanfaatkan channel aplikasi digital. Adanya kemudahan akses dan pilihan variatif kurban online, mendongkrak penghimpunan," kata Zainal Abidin Sidik, Ketua THK Dompet Dhuafa periode 2020 dalam keterangan tertulis, Rabu (5/8/2020).

Pada kurban tahun ini, Dompet Dhuafa dapat meningkatkan pencapaian penghimpunan kurban. Jumlah hewan kurban yang terhimpun pada periode 1441 Hijriyah, sebanyak 42.126 ekor setara domba/kambing.

Dengan raihan tersebut, Dompet Dhuafa mencatatkan pertumbuhan 71 persen dibandingkan tahun lalu.

Dari raihan angka tersebut, tim THK Dompet Dhuafa telah mendistribusikan daging kurban kepada lebih dari 2 juta penerima manfaat, yang sudah terdata secara rinci di 33 provinsi dan 200 Kabupaten atau Kota di Indonesia, khususnya wilayah terpencil, tertinggal, terpelosok hingga wilayah bencana.

Baca juga: Penjualan Hewan Kurban Secara Online Kian Ramai

"Pada tahun ini Dompet Dhuafa dapat melampaui target penghimpunan hewan kurban, yang sebelumnya telah ditentukan yaitu 45.000 setara doka secara nasional," ujar Zainal.

Selain itu, Dompet Dhuafa Cabang mengalami peningkatan pencapaian perolehan dana kurban secara keseluruhan mencapai Rp 16,7 miliar dengan pertumbuhan 177 persen. Ini seiring dengan bertambahnya jaringan Dompet Dhuafa di dalam negeri dan luar negeri.

Tahun ini, berkurban di Dompet Dhuafa dapat menggunakan pembayaran kurban melalui aplikasi WhatsApp Pay berbasis Virtual Account. Inovasi tersebut sebagai wujud kemudahan dan akses yang terjangkau bagi donatur atau pekurban.

Melalui ponsel pintar, berbagai layanan seperti WhatsApp Pay, e-commerce dan lainnya, donatur tidak perlu menunggu lama dalam proses pembayaran donasinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com