4 Cara Menghemat Uang di Era Pandemi

Kompas.com - 21/09/2020, 18:28 WIB
Ilustrasi hemat uang Thinkstock/fitriyantoandiIlustrasi hemat uang

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi virus corona (Covid-19) menciptakan kondisi ketidakpastian finansial yang barangkali Anda alami. 

Mulai dari kehilangan pekerjaan, pemotongan gaji, bahkan bisnis yang Anda jalani pun ikut terimbas. Alhasil, mau tak mau keuangan Anda juga ikut merosot karena tidak adanya pemasukan.

Oleh sebab itu penting bagi Anda mulai saat ini, melakukan penghematan uang manakala krisis pandemi masih terjadi hingga beberapa waktu ke depan.

Baca juga: 4 Tips Mengatur Keuangan Sejak Dini agar Bisa Hidup Mapan

Dikutip dari Wealth Fit, Senin (21/9/2020), berikut 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat uang selama masa pandemi.

1. Hitung pengeluaran

Daripada Anda merasa cemas, lebih baik Anda melakukan perhitungan berdasarkan jumlah pengeluaran Anda saat ini hingga berapa lama dana darurat atau tabungan Anda akan bertahan.

Lalu, luangkan waktu untuk menuliskan semua rincian pengeluaran Anda setiap minggunya.

Setelah itu, hitung atau totalkan seluruh pengeluaran Anda dan bandingkan antara total pengeluaran Anda dengan berapa banyak uang yang telah Anda tabung.

Baca juga: Mengenal Kakeibo, Seni Menghemat Uang ala Jepang

2. Temukan cara untuk memangkas pengeluaran

Setelah Anda memiliki daftar rincian pengeluaran, perhatikan pengeluaran mana yang benar-benar harus Anda singkirkan.

Misalnya Anda perlu memotong biaya yang tidak Anda butuhkan seperti biaya berpergian ke kantor karena masih bekerja dari rumah, biaya makan di luar, hiburan akhir pekan, hingga perjalanan.

Selain itu, saat Anda meninjau ulang pengeluaran, penting untuk memilih kebutuhan mana saja yang harus dicukupi seperti makanan, air, kebutuhan kesehatan dan banyak lainnya.

Anda bisa mengidentifikasi pengeluaran mana yang perlu dipotong dan mana yang tidak.

Halaman:


Sumber Wealth Fit
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X