Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Pertamina Masuk Jajaran 50 Wanita Paling Berpengaruh Dunia

Kompas.com - 22/10/2020, 11:15 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Majalah bisnis Fortune kembali merilis daftar 50 Wanita Paling Berpengaruh Dunia. Dalam daftar tersebut, terdapat nama wanita yang berasal dari Indonesia yaitu Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pertamina (Persero).

Nicke menempati peringkat ke-16 dalam daftar tahunan tersebut.

"Seorang insinyur yang terbentuk dari latihan, Nicke ditunjuk sebagai Direktur Utama Pertamina pada 2018, setelah pemimpin sebelumnya (Elia Massa) dicopot di tengah upaya restrukturisasi," tulis Fortune, dikutip Kamis (22/10/2020).

Baca juga: Tanri Abeng: Nicke Harus Menjabat Dirut Pertamina Selama 5 Tahun

Besarnya pendapatan dan juga tenaga kerja yang dikelola oleh Pertamina, menjadi salah satu alasan Fortune memasukan Nicke ke daftar tersebut.

"Widyawati mengawasi perusahaan dengan pendapatan tahunan lebih dari 54,6 miliar dollar AS dan 32.000 pegawai yang tersebar di seluruh dunia," tulis Fortune.

Selain itu, Fortune juga menyoroti langkah restrukturisasi Pertamina yang dilakukan beberapa waktu lalu, dengan pembentukan sub holding anak perusahaan.

"Dengan rencana penawaran saham perdana anak perusahaan dalam kurun waktu 2 tahun ke depan," tulis Fortune.

Lalu, di tengah Covid-19 pun Pertamina disebut telah melakukan berbagai penyesuaian, guna mengantisipasi dampak negatif dari pandemi.

Baca juga: 5 Fakta Nicke Widyawati, Srikandi yang Menjadi Bos Baru Pertamina

"Pada April lalu, Pertamina memutuskan untuk memangkas target produksi minyak, merespon adanya pelemahan permintaan dan juga memangkas biaya perseroan," tulis Fortune.

Sebagai informasi, pada tahun ini Fortune menempatkan Emma Walmsley, CEO GlaxoSmithKline, perusahaan obat-obatan di Inggris sebagai peringkat 1 Most Powerful Women International 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com