Kompas.com - 28/12/2020, 16:17 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS ditutup menguat tipis pada Senin (28/12/2020).

Melansir Bloomberg, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada pasar spot sore ini menguat 45 poin (0,32 persen) ke level Rp 14.155 per dollar AS dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 14.200 per dollar AS.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, di penghujung tahun 2020, pasar merspons positif terhadap UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, yang saat ini membawa berkah.

“Dengan payung omnibus law cipta kerja, para invesor asing lebih mudah mendapatkan izin apabila akan membangun suatu perusahaan di Indonesia,” kata Ibrahim dalam siaran pers.

Dalam UU Nomor 11 Tahun 2020 tersebut, ada klaster yang berkaitan dengan penyederhanaan perizinan, persyaratan investasi, ketenagakerjaan dan perlindungan UMKM, Investasi dan Proyek Pemerintah dan Kawasan Ekonomi khusus (KEK).

Ibrahim menilai, UU Cipta Kerja membuat sinkronisasi dan kolaborasi untuk mencapai satu tujuan yang lebih efektif dan efisien ditengah-tengah lingkungan yang selalu berubah-ubah.

Sedangkan ekspektasi yang paling penting dari UU ini adalah implementasinya. Bagaimana implementasi ke depan harus dikawal supaya bisa mencapai beberapa perbaikan pada indikator-indikator ekonomi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, senimen positif muncul dari eksternal. Presiden AS Donald Trump menandatangani undang-undang paket bantuan dan pengeluaran pandemi Covid-19 yang telah lama ditunggu-tunggu.

Selain itu, kesepakatan Brexit minggu lalu juga melegakan investor. Pengaturan perdagangan pasca-Brexit telah disetujui Inggris dan Uni Eropa.

Baca juga: IHSG Ditutup Menguat 1,41 Persen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.