Kadin Sebut Aturan Vaksinasi Mandiri Bakal Terbit Minggu Depan, Maret Dilaksanakan

Kompas.com - 09/02/2021, 10:31 WIB
Ketua Kadin Indonesia, Rosan Roeslani. KOMPAS.com/AMBARANIE NADIAKetua Kadin Indonesia, Rosan Roeslani.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengusaha tengah menunggu izin pemerintah untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 mandiri untuk para karyawannya.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia) Rosan Roeslani mengatakan, regulasi terkait vaksinasi mandiri tengah dibuat oleh pemerintah dan diharapkan pada minggu ketiga Februari 2021 akan selesai.

"Setelah itu, di bulan berikutnya (Maret) kita harapkan realisasi vaksinasi gotong royong sudah mulai berjalan," kata Rosan dalam Berita Utama Kompas TV, dikutip Selasa (9/2/2021).

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Mandiri, Pengusaha: Ini Gratis, Kita Tidak Memperjualbelikan

Lebih lanjut Rosan menyebutkan, rencana vaksinasi mandiri tersebut disambut baik oleh banyak pelaku usaha. Mulai dari pelaku usaha berskala besar, hingga usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pun disebut tertarik untuk melaksanaan vaksinasi mandiri secara gratis untuk para pekerjanya.

"Yang saya surprise dari sektor UMKM menyatakan ingin ikut serta vaksinasi gotong royong ini, walaupun karyawan mereka hanya 5 sampai 10 orang," ujar dia.

Menurut dia, antusias dari para pengusaha muncul, untuk mempercepat keberedaan herd immunity terhadap virus corona di kalangan masyarakat, sehingga nantinya berdampak positif ke perekonomian.

Selain itu, para pengusaha pun selama ini secara rutin mengeluarkan biaya untuk pelaksanaan protokol kesehatan, seperti pelacakan atau tracing karyawan yang dinyatakan positif Covid-19, atau pengecekan secara berkala.

"Kalau kita melakukan vaksinasi ini lebih efisien buat dunia usaha," katanya.

Baca juga: Erick Thohir Klaim Angka Penularan Covid-19 Turun Drastis Setelah Vaksinasi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X