Selama 2020, Arus Peti Kemas di Pelabuhan Kelolaan Pelindo III Capai 5,08 Juta TEUs

Kompas.com - 09/02/2021, 21:30 WIB
Kapal Tol Laut bersandar di Pelabuhan Zamrud Selatan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang dikelola Pelindo III. Dok Pelindo IIIKapal Tol Laut bersandar di Pelabuhan Zamrud Selatan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang dikelola Pelindo III.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III mencatat selama 2020 arus peti kemas yang melalui pelabuhan kelolaan perseroan mencapai 5,08 juta TEUs atau 103 persen dari target.

Direktur Utama Pelindo III U Saefudin Noer mengungkapkan pencapaian itu dipengaruhi oleh peningkatan laju perdagangan ekspor-impor dan perdagangan domestik sejak Juli 2020 di pelabuhan yang menjadi kelolaan perseoran.

“Kunjungan kapal pada 2020 tercapai sebesar 284 juta gross tonnage (GT) atau 98 persen. Artinya, kegiatan distribusi barang menggunakan jalur laut tetap bergeliat di tengah pandemi Covid-19,” kata Saefudin dalam keterangan resmi, Selasa (9/2/2020).

Baca juga: Mengadopsi Kendaraan Listrik, Belajarlah dari India

Dari sisi arus barang, tercatat sebanyak 65 juta ton atau 95 persen dari target. Barang kemasan mencapai 117 persen dari target, yaitu 2,7 juta M3. Arus distribusi gas tercapai 11,5 juta MMBTU atau 102 persen dari target.

Prioritas Inovasi Model Bisnis juga dilakukan oleh Pelindo III dengan penyediaan tempat pemeriksaan fisik terpadu untuk petikemas internasional.

Inovasi hasil kolaborasi dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan Karantina Hewan maupun Karantina Tumbuhan ini membuat biaya operasional pelabuhan turun karena tidak perlu dilakukan pemeriksaan dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Harganya Capai Ratusan Juta, Beli Bitcoin Bisa Mulai dari Rp 10.000?

Sementara itu, Kepemimpinan Teknologi dilakukan dalam bentuk penyediaan layanan kepelabuhanan yang terintegrasi dan berbasis teknologi informasi. Seluruh layanan Pelindo III tersedia dalam satu portal yang berisikan hampir semua layanan pelabuhan. Portal ini bisa diakses dari mana saja dan kapan saja oleh pengguna jasa.

“Penggunaan teknologi selain memudahkan pengguna jasa juga dapat meminimalkan kontak langsung sehingga mengurangi risiko tertular Covid-19 di masa pandemi ini,” lanjutnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X