Kompas.com - 03/03/2021, 12:53 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno saat meninjau lokasi vaccine drive thru di Waterbom Bali Dok. KemenparekrafMenparekraf Sandiaga Uno saat meninjau lokasi vaccine drive thru di Waterbom Bali

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, salah satu kunci utama agar pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dapat menjadi pemain kelas dunia ialah dengan cara terus melakukan digitalisasi.

Ia menilai, Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi besar untuk mendunia.

Pasalnya, provinsi ini memiliki dua destinasi wisata yang sangat menjanjikan, yakni Mandalika dan Lombok.

Baca juga: 60 Menit Bertemu Sandiaga Uno, Apa yang Dibahas Menaker?

"Bukan hanya melihat Mandalika dan Lombok sebagai satu destinasi pariwisata prioritas saja, tapi juga bagaimana kita mau membangkitkan dan memberikan harapan bahwa produk kreatif dari Nusa Tenggara Barat ini bisa mendunia. Karena menurut saya kuncinya on boarding digitalisasi," tutur Sandi dalam dalam Pembukaan Karya Kreatif Indonesia 2021, Rabu (3/3/2021).

Menurut Sandi, salah satu bentuk digitalisasi yang mendukung pertumbuhan UMKM adalah program standarisasi QR code yang dilakukan oleh Bank Indonesia, yaitu QR Code Indonesia Standard (QRIS).

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, pihaknya akan terus memperluas jangkauan dan meningkatkan sistem QRIS untuk mendukung pertumbuhan UMKM.

Ia pun menyebutkan, Bank Indonesia siap mengkerahkan 46 kantor cabangnya untuk menggalakkan program ini.

"Juga kami terus perbaiki fitur-fitur dalam QR Indonesia Standard tanpa tatap muka ini. Termasuk juga nanti untuk tarik dana atau setor dan juga transfer kami lakukan," kata Perry.

Baca juga: Survei KCI: 54 Persen UMKM Pertanian Mengalami Penurunan Volume Produksi

Perry yakin, pertumbuhan UMKM akan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perekonomian nasional.

"Kami yakin UMKM perlu kita dorong dan akan Insya Allah mendukung pemulihan ekonomi," ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X