2 Juta Anak Terancam Jatuh Miskin Jika Bansos Dihentikan

Kompas.com - 05/03/2021, 06:56 WIB
Ilustrasi anak bermain shutterstockIlustrasi anak bermain

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memberikan dampak meluas dan merata terhadap hampir keseluhan penduduk Indonesia.

Namun demikian, dampak Covid-19 paling dirasakan oleh kelompok penduduk menengah ke bawah.

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh The SMERU Research Institute, bersama dengan UNICEF menunjukkan, anak-anak pun terdampak signifikan oleh pandemi.

Baca juga: Daya Beli Masyarakat Miskin Tertekan, Pemerintah Diminta Tingkatkan Efisiensi Penyaluran Bansos

Meski, sebenarnya anak-anak cenderung lebih terhindar dari virus.

Bahkan, menurut riset tersebut, dengan meningkatnya jumlah keluarga yang rentan miskin, maka dua juta anak berisiko jatuh ke jurang kemiskinan bila pemerintah menghentikan program bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat.

"UNICEF sudah memperkirakan lebih dari 2 juta anak di Indonesia akan jatuh ke kemiskinan jika bantuan sosial terhadap rumah tangga dihentikan pada 2021," ujar Deputi Direktur The SMERU Research Institute Athia Yumna dalam webinar, Kamis (5/3/2021).

Athia mengatakan, anak-anak cenderung mengalami kehilangan atas banyak hal selama pandemi.

Misalnya saja pendapatan keluarga yang menurun hingga kemampuan belajar yang juga mengalami penurunan akibat kegiatan belajar yang dilakukan di rumah selama masa pandemi.

Baca juga: BPS Sebut Bansos Bantu Tekan Lonjakan Angka Kemiskinan

Sebanyak 57,3 persen rumah tangga dengan anak yang terlibat dalam survei dengan judul 'Analisis Dampak Sosial dan Ekonomi Pandemi terhadap Rumah Tangga di Indonesia' menyatakan, akses terhadap koneksi internet merupakan salah satu tantangan utama bagi anak mereka belajar di rumah.

"Pembelajaran daring, internet menjadi perhatian, terutama dari pedesaan dan keterbatasan perangkat, sementara anak-anak kaya cenderung memiliki privilage besar," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X