Pelatihan Kartu Prakerja, Menaker: Teknik Makeup Natural Paling Tinggi Peminatnya...

Kompas.com - 16/03/2021, 14:01 WIB
Ilustrasi Kartu Prakerja. prakerja.go.idIlustrasi Kartu Prakerja.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mencatat, sepanjang tahun lalu terdapat 586.049 peserta program Kartu Prakerja yang mendaftar melalui platform digital Sisnaker. Ini merupakan bagian dari 5,5 juta penerima program Kartu Prakerja pada 2020.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, Sisnaker merupakan satu-satunya platform digital pelaksana program Kartu Prakerja yang dikelola oleh pemerintah.

"Di mana di antara platform digital Kartu Prakerja, Sisnaker merupakan satu-satunya platform digital milik pemerintah," ujarnya dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI, Selasa (16/3/2021).

Baca juga: Simak Syarat-syarat Lolos Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 14

Melalui platform tersebut, pemerintah menawarkan berbagai macam program pelatihan. Sepanjang tahun lalu, Kemnaker mencatat ada 10 program yang paling diminati oleh para peserta Kartu Prakerja.

Ida menyebutkan, tata rias atau makeup menjadi salah satu program pelatihan yang paling diminati. Dari 10 program yang paling diminati, 4 di antaranya berkaitan dengan makeup.

"Ternyata Bu ketua, teknik makeup natural itu paling tinggi peminatnya," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan data yang dipaparkan oleh Ida, terdapat 66.660 peserta yang mendaftar program teknik makeup natural atau dandan simpel dan alami. Kemudian, posisi kedua ditempati belajar bahasa Inggris dengan 55.136 peserta.

Lalu, di posisi ketiga terdapat program pengelan komputer, internet, email, dan Microsoft Word dengan 46.021 peserta. Selanjutnya, program self makeup atau makeup untuk diri sendiri dengan 45.933 peserta.

Di posisi kelima terdapat program sosial media marketing dengan 38.493 peserta. Posisi keenam ada mengelola data numerik menggunakan Micorosoft Excel dengan 31.004 peserta.

Setelah itu, terdapat program pelatihan YouTube content creator dengan jumlah 24.250 peserta. Di posisi ketujuh kembali ditempati oleh program yang berkaitan dengan tata rias, yakni teknik everyday makeup dengan 20.703 peserta.

Program yang berkaitan dengan makeup juga menempati posisi kedelapan, yakni tata rias pengantin dengan 16.809 pengantin. Terakhir ada kursus menjahit degan 15.373 peserta.

Baca juga: Ini Daftar Terlarang Penerima Kartu Prakerja



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X