Simak Syarat-syarat Lolos Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 14

Kompas.com - 12/03/2021, 14:48 WIB
Program Kartu Prakerja gelombang 14 telah dibuka pada Kamis (11/3/2021) siang. Instagram/@prakerja.go.idProgram Kartu Prakerja gelombang 14 telah dibuka pada Kamis (11/3/2021) siang.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang ke-14 masih berlangsung hingga 14 Maret 2021. Itu artinya, masih ada waktu beberapa hari untuk mendaftar.

Sama seperti gelombang sebelumnya, pemerintah menetapkan kuota sebanyak 600.000 orang di gelombang ke-14. Namun, tak semua orang yang mendaftar lantas berhak menerima stimulus dan ditetapkan sebagai anggota.

Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu menjelaskan, pemerintah sudah menetapkan syarat dan ketentuan bagi calon peserta Kartu Prakerja. Bila syarat ini sudah dipenuhi, maka peluang lolos seleksi Kartu Prakerja semakin terbuka.

Baca juga: Gelombang 14 Kartu Prakerja Sudah Dibuka, Simak Cara untuk Ikut Seleksi Peserta

Sejatinya kata Louisa, program Kartu Prakerja terbuka bagi semua Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 tahun ke atas. Termasuk mereka yang masih bekerja ataupun tidak bekerja, kena PHK, bahkan baru lulus kuliah. Tapi ada beberapa ketentuan dan prioritas.

"Prioritas akan diberikan kepada mereka yang terdampak pandemi yang dinyatakan pada saat pengisian data diri dalam proses pembuatan akun," kata Louisa saat dihubungi Kompas.com, Jumat (12/3/2021).

Louisa menyebut, lolos atau tidaknya pendaftar tergantung dari hasil pemyaringan. Setidaknya kata dia, ada dua verifikasi yang dilalui sebelum peserta dinyatakan lolos.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Verifikasi pertama adalah verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan KK dengan data di Dukcapil. NIK yang tidak terdaftar otomatis gugur.

Baca juga: Ingin Lolos Gelombang 14 Kartu Prakerja? Pastikan Anda Tidak Masuk Dalam Kategori Ini

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.