Kompas.com - 13/04/2021, 10:52 WIB
Presiden Direktur Bank OCBC NISP Parwati Surjaudaja dan pendiri label fashion Purana, Nonita Respati Dok. Bank OCBC NISPPresiden Direktur Bank OCBC NISP Parwati Surjaudaja dan pendiri label fashion Purana, Nonita Respati

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank OCBC NISP Tbk meyakini Indonesia bakal menjadi salah satu negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Oleh sebab itu, perlu ada kesiapan untuk mencapai hal tersebut.

OCBC NISP pun memastikan di usia ke-80 tahun bakal terus mendorong tiga komitmen besar perseroan, yakni mendorong peningkatan literasi keuangan masyarakat, mendukung pengembangan UMKM, dan keberlanjutan bisnis (sustainability).

Komitmen itu untuk meningkatkan kesehatan keuangan masyarakat, mulai dari individu hingga pelaku usaha kecil maupun besar.

Baca juga: Simak Syarat dan Cara Pencairan BPUM UMKM 2021 Rp 1,2 Juta

Terlebih mengingat UMKM memiliki kontribusi besar yakni 61 persen terhadap perekonomian Indonesia.

"Kami fokus pada pemberdayaan UMKM sebagai kontributor terbesar dalam perekonomian Indonesia," ujar CEO Bank OCBC NISP Parwati Surjaudaja dalam konferensi pers virtual, Senin (12/4/2021).

Ia mengatakan, sepanjang tahun lalu UMKM menjadi salah satu sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19. Sehingga pertumbuhan UMKM pun menjadi lambat pada saat ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perseroan pun mendukung UMKKM lewat pembiayaan dan restrukturisasi kredit, di samping pula dengan turut memberikan pembekalan untuk mendorong pengembangan sektor ini.

"Kami melihat peran bank tidak hanya berikan pembiayaan, tapi juga harus pembekalan, pengembangan untuk para pelaku UMKM," tambah Parwati.

Baca juga: Target Penyaluran KUR UMKM 2021 Naik Menjadi Rp 253 Triliun

Di sisi lain, peran perempuan dalam UMKM sangat besar, mengingat 60 persen pelaku UMKM adalah perempuan.

Oleh sebab itu, OCBC NISP membuat program #TAYTB Women Warriors untuk membantu pengusaha perempuan Indonesia dalam mengelola dan mengembangkan bisnisnya.

Lewat program ini, pelaku usaha perempuan bisa menikmati solusi layanan perbankan hingga solusi layanan non-perbankan (beyond banking), yakni manage, grow, dan live untuk mengembangkan bisnisnya.

Selain itu, dalam mendorong sustainability business, OCBC NISP juga mengambil peran melalui pembiayaan sektor bisnis yang dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi, sosial, dan lingkungan.

"Kami berkomitmen untuk mengambil peran lebih besar, lebih dari sekadar mitra perbankan yang menyediakan solusi finansial, namun menjadi mitra tepercaya untuk meningkatkan kualitas hidup," kata Parwati.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.