[TREN BISNIS KOMPASIANA] Menghadapi Bisnis Online "Kaleng-kalengan" | Bisnis Hotel dan "Smoking Room" | Merger Gojek-Tokopedia

Kompas.com - 23/04/2021, 15:19 WIB
ilustrasi SHUTTERSTOCKilustrasi

KOMPASIANA---Rasa-rasanya makin masifnya perkembangan digitalisi di Indonesia berbanding lurus dengan banyaknya pelaku usaha online.

Kini, bisnis online sudah hampir memenuhi segala bentuk aspek kebutuhan kita: dari kebutuhan pokok hingga produk dengan harga tinggi sekalipun.

Potensi bisnis online inilah yang kemudian mampu merangsang banyak orang untuk mencoba atau belajar berbisnis sendiri.

Tidak hanya itu, ada banyak kemudahan teknologi digital yang bisa dimanfaatkan agar dagangan kita makin laris. Sudahkah ini dimanfaatkan dengan baik?

1. Cara Menghadapi Bisnis Online "Kaleng-kalengan" dan Kecanduan Baru Era Digital

Bisnis online bukan saja telah menggiurkan, tetapi menurut Kompasianer Inosensius I. Sigaze juga telah berhasil menangkap peluang tentang untung dan ruginya dunia bisnis.

Akan tetapi, tentu saja, jenis bisnis seperti itulah yang membuka peluang adanya bisnis online kaleng-kalengan alias sekadar menipu konsumen.

Kecanduan baru era digital ini adalah orang ingin kaya mendadak atau diam-diam lalu menjadi orang terkaya.

"Anda boleh berbisnis online, tapi jangan lupa sebelum berbisnis Anda perlu belajar dulu seluk beluk bisnis online," tulis Kompasianer Inosensius I. Sigaze.

Makanya, miliki lebih dahulu wawasan yang cukup untuk cara dan bagaimana berbisnis online. (Baca selengkapnya)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X