Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joe Biden Godok Rencana Permanenkan Pemberian Tunjangan Anak

Kompas.com - 28/04/2021, 11:05 WIB
Fika Nurul Ulya,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

Sumber CNBC

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berencana mempermanenkan salah satu insentif selama pandemi Covid-19 yakni kredit pajak anak senilai 3.000 dollar AS.

Mengutip CNBC, Rabu (28/4/2021), rencana itu tertuang dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) yang diusulkan pemerintah kepada DPR AS. RUU akan mengkodifikasi perubahan dari stimulus Covid-19 senilai 1,9 triliun dollar AS yang disebut dengan Rencana Penyelamatan Amerika.

Kebijakan yang hendak dijadikan permanen itu merupakan bagian dari investasi "modal manusia" yang lebih luas oleh pemerintah AS.

“Agar ekonomi kami pulih sepenuhnya dari pandemi ini, kami akhirnya harus mengakui bahwa pekerja memiliki keluarga, dan tanggung jawab pengasuhan adalah nyata,” sebut Chairman House Ways and Means Committee, Richard Neal mengutip CNBC, Rabu (28/4/2021).

Sebelumnya pada 11 Maret 2021, Joe Biden telah menandatangani stimulus keringanan Covid-19, yang didalamnya menaikkan jumlah kredit pajak anak secara maksimum. Hal ini memungkinkan keluarga penerima mendapatkan keringanan pajak dengan angsuran bulanan.

Baca juga: Jadwal Pencairan THR PNS Pusat dan Daerah 2021

Adapun kebijakan yang diambil Biden berupaya memberikan lebih banyak dukungan kepada masyarakat berpenghasilan rendah dan mengurangi tingkat kemiskinan anak.

Namun tanpa kebijakan kongres, kredit pajak anak yg diperluas hanya berlaku untuk tahun pajak 2021. Oleh karena itu, sekarang pemerintah AS akan membuat penyempurnaan untuk mempermanenkan bantuan tersebut.

Kendati demikian, Biden diharapkan segera mengusulkan perpanjangan hingga tahun 2025, alih-alih membuat perubahan menjadi permanen.

Soal kredit pajak anak

Sebagai informasi, kredit pajak anak-anak di AS sebelumnya adalah sebesar 2.000 dollar AS untuk setiap anak di bawah 17 tahun. 

Melalui stimulus Biden, orang tua akan mendapat kredit pajak anak senilai 3.600 dollar AS, jika memiliki anak-anak berusia 5 tahun ke bawah. Sementara orang tua dengan anak berusia 6-17 tahun akan menerima 3.000 dollar AS.

Orang tua anak berusia di bawah 5 tahun akan menerima 300 dollar AS per bulan, sementara di atas 5 tahun menerima 250 dollar AS per bulan.

Melalui program perluasan kredit, ada sekitar 93 persen atau sekitar 69 juta anak akan mendapatkan tunjuangan. Tanpa stimulus Biden, hanya 25 persen anak yang mendapat tunjangan.

Baca juga: Tarif Tol Sedyatmo Bandara Soetta Naik Mulai Besok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com