Kompas.com - 29/04/2021, 15:38 WIB
Ilustrasi: OJK keluarkan aturan untuk cegah pencucian uang di finctech lending alias pinjaman online (pinjol) iStockphoto/danikancilIlustrasi: OJK keluarkan aturan untuk cegah pencucian uang di finctech lending alias pinjaman online (pinjol)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adaro Energy Tbk (ADRO) akan berbagi dividen dari hasil laba bersih tahun buku 2020, kepada para pemegang saham sebesar 146,8 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 2,12 triliun (kurs Rp 14.500).

Jika dihitung per sahamnya, ADRO akan memberikan sebesar Rp 66,5 per lembarnya. Pembagian dividen ini telah disetujui dari hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang telah diselenggarakan pada 26 April 2021.

Nah, bagi para investor yang ingin mendapatkan dividen dari perusahaan bergerak di sektor pertambangan batu bara ini, ketahui dulu jadwal cum date dan berakhirnya masa pembelian untuk mendapatkan haknya (ex date).

Baca juga: Berburu THR dari Dividen, Sejumlah Saham Ini Direkomendasikan Asalkan..

Dikutip dari keterbukaan informasi telah tercantum jadwal pembagian dividen:

Tanggal cum dividen di Pasar Reguler dan Pasar Negosiasi: 4 Mei 2021;
Tanggal ex dividen di Pasar Reguler dan Pasar Negosiasi: 5 Mei 2021;
Tanggal cum dividen di Pasar Tunai: 6 Mei 2021;
Tanggal ex dividen di Pasar Tunai: 7 Mei 2021;
Tanggal Daftar Pemegang Saham (DPS) yang berhak atas dividen tunai: 6 Mei 2021;
Tanggal pembayaran dividen: 25 Mei 2021.

Sebelumnya, Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Adaro Energy Garibaldi Thohir mengatakan, perseroan berkomitmen untuk memberikan pengembalian pemegang saham dengan membagikan dividen tunai secara berkala.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dividen emiten yang bergerak di sektor pertambangan batu bara itu, setara dengan 99 persen dari total laba bersih perseroan di 2020 yang sebesar 147 juta dollar AS. Sementara sisanya, sekitar 110.800 dollar AS akan dialokasikan sebagai laba ditahan.

Sementara, pergerakan indeks ADRO di pasar Bursa Efek Indonesia (BEI) pada pukul 14.05 WIB, alami kenaikan sebesar 3,29 persen atau 40 poin menjadi Rp 1.250. Adapun total nilai transaksi yang diperoleh mencapai Rp 71,84 miliar dari 58 juta lembar saham yang diperdagangkan.

Baca juga: XL Axiata Tebar Dividen Rp 339 Miliar, Catat Tanggal Pembagiannya

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.