Bahlil Jadi Jadi Menteri Investasi, Ini Tanggapan Pengusaha

Kompas.com - 29/04/2021, 16:10 WIB
Presiden Joko Widodo melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Istana Kepresidenan pada Rabu (28/4/2021). YouTube/Sekretariat PresidenPresiden Joko Widodo melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Istana Kepresidenan pada Rabu (28/4/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi pada Rabu (29/4/2021) kemarin.

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang menilai, ditunjuknya Bahlil sebagai Menteri Investasi merupakan langkah yang tepat.

Menurut dia, dengan realisasi investasi tahun 2020 sebesar Rp 826,3 triliun atau melampaui target yang ditentukan, Bahlil disebut berkapabilitas untuk mendongkrak penanaman modal nasional.

Baca juga: Profil Bahlil: Tukang Pikul, Sopir Angkot, hingga Menteri Investasi

"Kemudian banyak investasi yang mangkrak di daerah sekarang sudah berjalan," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (29/4/2021).

Selain itu, Sarman juga menyoroti kemampuan Bahlil dalam melobi para calon investor untuk menanamkan modalnya di Tanah Air.

Ia pun berharap dengan dibentuknya Kementerian Investasi, berbagai kemudahan perizinan dapat terlaksana, sehingga pada akhirnya mampu meningkatkan realisasi investasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pengusaha dan calon investor harus dapat merasakan kehadiran Kementerian Investasi ini yang mampu menjawab kendala dan kegalauan pelaku usaha selama ini dan menaikkan daya saing kita ketika pelayanan berbagai perizinan sudah mengalami perubahan yang mendasar," tuturnya.

Dengan masih nyatanya ancaman Covid-19, Sarman menekankan pentingnya realisasi investasi untuk menciptakan ketahanan terhadap fundamental perekonomian dalam negeri.

"Target pertumbuhan ekonomi bisa terwujud jika target investasi tercapai," ucapnya.

Baca juga: Sanggupi Target Investasi Rp 900 Triliun, Bahlil: Siap, Pak Presiden!

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.