Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Bisa Menjadi Pelajaran Berharga Buat RI

Kompas.com - 11/05/2021, 19:30 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, fenomena kasus Covid-19 yang meningkat di India bisa menjadi pelajaran bagi Indonesia.

Tercatat saat ini infeksi Covid-19 mencapai 400.000 per hari dengan tingkat kematian mencapai 3.900 per hari. Dia pun meminta Indonesia untuk selalu waspada dan mengedepankan langkah-langkah antisipatif.

"Presiden telah memberi arahan bahwa segala upaya yang telah dilakukan dalam rangka penanganan dan pengendalian Covid-19 di Tanah Air agar tidak diubah dan ditingkatkan performanya," kata Airlangga dalam siaran pers, Selasa (11/5/2021).

Baca juga: Indonesia Kirim 1.400 Tabung Oksigen ke India

Adapun salah satu langkah antisipatif yang dilakukan pemerintah adalah meniadakan mudik menjelang momen Hari Raya Idul Fitri.

Airlangga menuturkan, langkah itu terbilang tepat untuk mengantisipasi lonjakan kasus, saat vaksinasi Covid-19 terus dilakukan pemerintah.

"Oleh karenanya, saya mengajak kita semua untuk terus patuh dan disiplin, terutama dalam memakai masker, dan menghindari kerumunan. Jangan sampai kendor," sebut dia.

Khusus untuk India, pemerintah sendiri melalui kerja sama Asosiasi Gas Industri Indonesia bakal mengirim bantuan 3.400 tabung oksigen dengan nominal Rp 2 miliar.

Pada tahap pertama, pemerintah sudah mengirim sebanyak 1.400 tabung gas oksigen. Dia menekankan, bantuan tabung oksigen ke India tidak akan mengganggu pasokan tabung oksigen di dalam negeri.

“Ini sudah mempertimbangkan kebutuhan dalam negeri, jadi tidak akan mengganggu pasokan nasional,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com