Kompas.com - 11/05/2021, 18:47 WIB
Ilustrasi Bitcoin. THINKSTOCKPHOTOSIlustrasi Bitcoin.

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga Bitcoin jatuh ke level 53.000 dollar AS dalam serentetan aksi jual pada Senin (10/5/2021), tepat setelah penutupan bursa saham Amerika Serikat.

Padahal, mengacu data CoinDesk, harga Bitcoin sempat menembus level 59.000 dollar AS per kepingnya.

Hanya, pada Selasa (11/5/2021) pukul 16.35 WIB, harga Bitcoin mulai pulih, ada di kisaran 55.700 dollar AS atau turun sekitar 4 persen dibanding posisi 24 jam sebelumnya.

Baca juga: Sebelum Pajaki Mata Uang Kripto, Pemerintah Diminta Perjelas Dulu Posisi Bitcoin Dkk

Indeks S&P 500 kehilangan 0,5 persen pada Senin, dipimpin oleh penurunan saham Tesla yang anjlok 6 persen pada penutupan perdagangan.

Tesla, produsen mobil listrik, menempatkan 1,5 miliar dollar AS dalam Bitcoin di neracanya.

"Level support BTC di dekat 42.000 dollar AS, sebelum terendah jangka menengah terbentuk," kata Katie Stockton, analis teknikal Fairlead Strategies, kepada CoinDesk sebagaimana dikutip dari Kontan.co.id.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini memang musim alternative coin atau altcoin. Terbukti, dominasi Bitcoin menurun di bawah ambang batas 50 persen. Dominasi Bitcoin saat ini berada di level terendah sejak Juli 2018.

Baca juga: 3 Perbedaan Dogecoin dan Bitcoin yang Kamu Harus Tahu

“Secara historis, Bitcoin mencapai titik tertinggi sepanjang masa (64.829 dollar AS) dan kemudian turun, yang memulai musim altcoin,” sebut Adam Morris, Pendiri Crypto Head, kepada CoinDesk.

"Bitcoin mencoba untuk stabil setelah akhir pekan terjun ke wilayah bearish market," ujar Edward Moya, analis pasar senior di Oanda Corp, kepada Bloomberg.

"Permintaan institusional mungkin menemukan aksi jual besar-besaran ini sebagai peluang pembelian. Bitcoin dapat terus stabil, dengan kisaran perdagangan baru yang terbentuk antara 52.000 dollar AS dan 62.000 dollar AS untuk beberapa minggu ke depan,” imbuhnya.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Harga Bitcoin jatuh, terseret saham Tesla yang anjlok



Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X