Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Siapkan Kredit Murah Tanpa Agunan untuk Pasang Solar Panel

Kompas.com - 11/05/2021, 18:26 WIB
Rully R. Ramli,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk akan menyiapkan pembiayaan dengan skema kartu kredit atau pinjaman tanpa agunan yang murah dan dapat dicicil bagi nasabah untuk pemasangan solar panel.

Pembiayaan tersebut disiapkan setelah Bank Mandiri menyepakati kerjasama dengan PT Len Agra Energy, SKK Migas, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral serta Dewan Energi Nasional (ESDM) untuk terus memperkuat ekosistem solar panel nasional.

SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri Josephus Koernianto mengatakan, Bank Mandiri memiliki komitmen kuat dalam menjalankan praktek keuangan berkelanjutan.

Baca juga: Optimalkan Penyaluran Kredit, BRI Agro Gandeng Modalku

“Hal ini diwujudkan melalui penyusunan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) yang diimplementasikan melalui 3 (tiga) pilar strategis yaitu sustainable banking, sustainable operations, dan sustainable corporate social responsibility and financial inclusion," kata Josephus dalam keterangan tertulis Selasa (11/5/2021).

Salah satu inisiatif dalam pilar sustainable banking adalah pembiayaan kepada sektor-sektor berkelanjutan seperti energi baru terbarukan (EBT).

Pembiayaan tersebut dapat disalurkan kepada korporasi ataupun masyarakat retail.

Melalui pembiayaan itu, Josephus berharap, Bank Mandiri dapat membantu pemerintah merealisasikan target bauran EBT sebesar 23 persen pada 2025.

Saat itu, panel surya akan menjadi opsi utama sumber energi ramah lingkungan.

Baca juga: OJK Prediksi Angka Kredit Bermasalah di Jabar Naik pada Tahun Ini

“Salah satu opsi percepatan target bauran tersebut adalah optimalisasi pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya sebagai sumber energi baru terbarukan,” ujar dia.

Selain itu, Bank Mandiri juga berharap dapat terus mendukung program pemerintah untuk menggali dan memanfaatkan potensi EBT dalam negeri.

“Serta mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals,” ucap Josephus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com