Deretan Mantan Menteri Era Jokowi yang Didapuk Jadi Komisaris BUMN

Kompas.com - 28/05/2021, 19:00 WIB
Presiden Joko Widodo menghadiri acara peresmian pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/5/2021). Dalam arahannya, Presiden mendorong perencanaan yang adaptif dan manfaatkan Iptek. ANTARA FOTO/BPMI Setpres/Lukas/Handout/wsj. ANTARA FOTO/LukasPresiden Joko Widodo menghadiri acara peresmian pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/5/2021). Dalam arahannya, Presiden mendorong perencanaan yang adaptif dan manfaatkan Iptek. ANTARA FOTO/BPMI Setpres/Lukas/Handout/wsj.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah mantan menteri dan wakil menteri di era pemerintahan Presiden Joko Widodo, baik di periode pertama maupun kedua mendapat posisi komisaris di beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Artinya, orang-orang tersebut tetap diberi jabatan penting meski telah dicopot dari posisi menteri ataupun wakil menteri.

Berikut deretan mantan menteri dan wakil menteri era Presiden Jokowi yang dapat jatah jabatan komisaris BUMN:

Baca juga: Daftar 17 Relawan Jokowi di Kursi Komisaris BUMN

  • Bambang Brodjonegoro

Mantan Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro telah didapuk menjadi Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen di PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

Dia diangkat saat Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Telkom yang digelar di Jakarta, Jumat (28/5/2021). Di posisi tersebut, Bambang menggantikan Rhenald Kasali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain di Telkom, pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Bappenas itu pun juga menjabat komisaris utama di Bukalapak. Pengangkatan Bambang dilakukan saat Bukalapak menggelar RUPS pada Sabtu (1/5/2021) lalu.

  • Wishnutama Kusbandio

Mantan Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio resmi diangkat menjadi Komisaris Utama PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Keputusan ini berlaku efektif mulai 11 Februari 2021.

Mantan CEO NET TV itu menjadi Komisaris Utama di Telkomsel menggantikan Ririek Adriansyah. Ririek sendiri merupakan Direktur Utama PT Telkom Indonesia.

Selain jadi Komisaris Utama di Telkomsel, Wishnutama juga didapuk menjadi Komisaris di Tokopedia.

  • Arcandra Tahar

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) resmi menetapkan Archandra Tahar sebagai Komisaris Utama perseroan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.