Ini Strategi BSI Tingkatkan Literasi Keuangan Bank Syariah

Kompas.com - 11/06/2021, 15:43 WIB
Firman Wibowo Bambang P. Jatmiko/Kompas.comFirman Wibowo

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk atau BSI berkomitmen untuk meningkatkan literasi keuangan bank syariah dalam negeri. Sebab, sampai saat ini literasi keuangan bank syariah masih jauh lebih rendah dibandingkan bank konvensional.

Wakil Direktur 2 BSI Abdullah Firman Wibowo mengatakan, untuk merealisasikan komitmen tersebut, bank syariah terbesar di Indonesia itu meluncurkan program literasi ekonomi syariah, dengan tujuan mengedukasi masyarakat, khususnya generasi muda.

Dalam program literasi ini, BSI berkolaborasi dengan sejumlah pihak, yang terdiri dari asosiasi hingga universitas, untuk melakukan edukasi melalui seminar, kuliah umum, pengadaan kurikulum, sampai program pelatihan.

Baca juga: BSI Buka Lowongan Kerja untuk ODP, Simak Cara dan Syarat Pendaftaran

"Sejumlah pihak yang digandeng oleh BSI dalam program ini antara lain 21 universitas di Indonesia, KNEKS, Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia, dan Lembaga nirlaba Syafieq NU," ujar Firman dalam konferensi pers virtual, Jumat (11/6/2021).

Lebih lanjut dia berharap, melalui program yang akan digelar sampai akhir tahun 2021 ini, literasi keuangan bank syariah akan meningkat, dimana nantinya juga akan meningkatkan inklusi keuangan syariah.

"Syukur-syukur mereka yang sudah terliterasi dengan baik, mereka ingin menggunakan transaksi di perbankan syariah," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain melalui program tersebut, BSI juga menggenjot literasi keuangan syariah secara organik, yakni memanfaatkan sumber daya manusia perseroan untuk mengedukasi masyarakat di sekitarnya.

Baca juga: 3 Bulan Beroperasi, BSI Masuk Daftar Bank Terbaik Dunia Versi Forbes

Dengan banyaknya kantor cabang dan luasnya jangkauan BSI, Fahmi menilai, edukasi terkait keuangan syariah dapat dilakukan oleh karyawan di setiap kantor cabang perseroan.

"Mereka (SDM) saya minta untuk bisa tampil kerja sama dengan institusi setempat untuk maju bersama, misal memberikan public lecture, webinar, dan ada juga yang disebut program magang," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.