Kompas.com - 22/06/2021, 17:26 WIB
Ilustrasi baut dan mur. UNSPLASH/EDGE2EDGE MEDIAIlustrasi baut dan mur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisnis baut dan mur atau produk fastener di Indonesia dinilai masih potensial. Keduanya merupakan komponen penting dalam industri seperti konstruksi bangunan, manufaktur, properti hingga infrastruktur.

Direktur Utama PT Mitra Angkasa Sejahtera Simon Hendiawan mengatakan, baut dan mur merupakan industri yang unik dan kompleks. Sektor ini boleh dikatakan sebagai ‘bahan pokok’ bagi bidang industri manufaktur, konstruksi hingga industri gadget.

"Baut atau mur itu berfungsi untuk menyambungkan dan mengencangkan material yang cukup vital dalam kehidupan kita sehari-hari, jenisnya bermacam-macam ada sekitar 70 ribu jenis baut," katanya dalam keterangan resminya, Selasa (22/6/2021).

Baca juga: Stafsus Erick Thohir: Izin Edar Ivermectin dari BPOM untuk Obat Anti Parasit

Menurut Simon, bisnis baut dan mur di Indonesia sangat prospektif seiring dengan pembangunan infrastruktur yang digulirkan pemerintah maupun pembangunan properti yang digerakkan sektor swasta.

"Baut dan mur digunakan dari industri A sampai Z, mau industri yang paling simpel hingga industri besar yang rumit, baut boleh dikatakan sebagai sebuah kebutuhan pokok industri," tuturnya.

Sampai saat ini, tambah Simon, permintaan baut di Indonesia masih lebih tinggi dari pasokan. PT Mitra Angkasa Sejahtera sampai saat ini kewalahan memenuhi permintaan pasar karena tingginya kebutuhan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baut digunakan untuk menggabungkan beberapa komponen yang membuat sebuah barang atau bangunan menjadi lebih ekonomis dan memiliki nilai jual.

Baca juga: Serikat Pekerja Garuda Indonesia Nilai Program Pensiun Dini Bermasalah

Mengutip Fastener Engineering, baut adalah suatu batang atau tabung yang membentuk alur heliks atau tangga spiral di bagian permukaan. Umumnya, baut digunakan sebagai pengerat dengan memutar searah dengan jarum jam atau disebut dengan ulir kanan.

Tidak hanya digunakan untuk industri otomotif, baut juga banyak dipakai untuk konstruksi atau bangunan, manufaktur, properti dan infrastruktur serta sektor-sektor lainnya. Kebutuhan baut dewasa ini sangat bisa di temui di hampir segala bidang.

Dan membuat baut dan mur menjadi salah satu investasi bisnis yang sangat menjanjikan dalam menopang pembangunan infrastruktur Indonesia bahkan di seluruh dunia. (Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Bisnis baut dan mur di Indonesia masih potensial, ini alasannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.