KILAS

Kemenaker Raih WTP 5 Kali Berturut-turut, Menaker: Harus Kami Pertahankan

Kompas.com - 26/06/2021, 08:59 WIB
Menaker Ida Fauziyah saat menyaksikan laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP) hasil audit BPK RI Tahun 2020 melalui video conference di kediamannya, Jakarta, Jumat (25/6/2021).
DOK. Humas KemenakerMenaker Ida Fauziyah saat menyaksikan laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP) hasil audit BPK RI Tahun 2020 melalui video conference di kediamannya, Jakarta, Jumat (25/6/2021).

KOMPAS.com – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menegaskan, keberhasilan pihaknya dalam meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali secara berturut-turut tak lepas dari hasil kerja keras seluruh jajaran unit eselon I Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker).

Tak hanya kerja keras, kata dia, predikat tersebut bisa diraih berkat dedikasi dan kerja sama yang baik dari jajaran Kemenaker dalam memaksimalkan pengelolaan keuangan negara secara efisien, efektif, ekonomis, transparan, dan akuntabilitas.

"Predikat WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) ini harus kami pertahankan di masa mendatang dengan tetap dan selalu berupaya memperbaiki yang masih kurang,” ujar Ida, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (26/6/2021).

Pernyataan tersebut ia sampaikan usai menyaksikan laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP) hasil audit BPK RI Tahun 2020 melalui video conference di kediamannya, Jakarta, Jumat (25/6/2021).

Baca juga: Kemenpora Raih Catatan Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI

Ida mengaku, pihaknya akan selalu berkomitmen, taat, dan tertib pada setiap kegiatan dengan mengacu ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku. Utamanya dalam merespon rekomendasi hasil pemeriksaan BPK RI.

Untuk diketahui, Kemenaker kembali mempertahankan opini WTP tahun 2020 berdasarkan hasil audit laporan keuangan BPK RI. Opini ini merupakan capaian kelima yang didapat sejak 2016, 2017, 2018, dan 2019.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Alhamdulillah, Kemenaker kembali memperoleh opini WTP di tahun yang berat ini. Predikat tersebut menjadi kelima kalinya diraih Kemenaker berturut-turut sejak 2016,” ucap Ida.

Dalam kesempatan itu, Ida turut memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran pegawai Kemenaker atas prestasi yang telah diraih.

Baca juga: 3 Isu Penting Ketenagakerjaan Jadi Fokus Kemenaker di Forum G20

Menurutnya, opini WTP dari BPK merupakan wujud dari komitmen dan tekad setiap jajaran di Kemenaker. Jajaran yang dimaksud baik pimpinan maupun staf agar senantiasa menggunakan anggaran negara secara baik, transparan, dan akuntabel.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Kemenaker yang dari waktu ke waktu terus menunjukkan prestasinya. Hasil audit laporan keuangan kami kembali memperoleh status WTP," ujar Ida.

Ia meyakini, capaian WTP di tengah situasi yang belum sepenuhnya pulih ini merupakan bukti komitmen pemerintah dalam mengelola anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) secara profesional, prudent (bijaksana), transparan, dan akuntabel.

Baca juga: Pemerintah Dapat Opini WTP dari BPK, Jokowi: Capaian Baik di Tahun Berat

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada BPK RI atas kerja kerasnya untuk senantiasa mendorong pemerintah melakukan upaya perbaikan secara terus menerus. Khususnya, pada tahun 2020 yang merupakan tahun penuh tantangan bagi Pemerintah Indonesia maupun negara-negara di seluruh dunia,” imbuh Ida.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.