Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Chappy Hakim
KSAU 2002-2005

Penulis buku "Tanah Air Udaraku Indonesia"

In Memoriam Ibu Dewi Rais Abin...

Kompas.com - 01/07/2021, 13:14 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

INALILLAHI Wainailaihi Rojiun. Telah berpulang ke rahmatullah ibu Dewi Rais Abin, isteri dari Almarhum Letnan Jenderal TNI Purn Rais Abin, pada tanggal 27 Juni 2021 yang baru lalu.

Hanya berselang beberapa hari saja , setelah saya menerima kabar bahwa beliau sakit dan terpaksa harus dirawat di Rumah Sakit di bilangan Jakarta Selatan.

Almarhumah selain isteri dari seorang Letnan Jenderal adalah juga merupakan putri dari Almarhum Letnan Jenderal TNI Hidayat Martaatmadja.

Berangkat dari keluarga Angkatan Darat akan tetapi Dewi Rais mengisi kehidupannya sebagai seorang wartawati harian Pedoman. Dewi Rais juga adalah seorang penulis yang telah menulis beberapa buku.

Salah satu buku yang ditulis Dewi Rais berjudul “Hidayat: father, friend, and a gentlemen, bercerita tentang banyak hal mengenai Ayah beliau yang sangat membanggakan.

Dewi Rais meninggal dunia hanya beberapa bulan saja sejak suami almarhum wafat pada tanggal 25 Maret 2021 yang lalu. Saya dan isteri mengenal Ibu Dewi Rais dan Bapak Rais Abin cukup dekat. Tentang profesi Dewi Rais sebagai wartawan, saya pernah mendengar komentar dari Almarhum Ayah saya yang menyebut Dewi Rais sebagai seorang wartawati yang pintar dan sangat berbakat.

Ketika dalam 5 tahun bekakangan sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia, saya mempunyai jadwal tetap untuk bermain music dengan grup Band The Playsets di QiLounge Hotel Sultan Jakarta. Beberapa kali Bapak Rais Abin dan Ibu Dewi Rais menyempatkan untuk datang berkunjung menikmati alunan musik saya dan teman teman. Kedua beliau memang orang yang sangat senang mendengarkan musik.

Sebagai insan Pers, Dewi Rais adalah wartawan senior yang sangat disegani pada era nya dan cukup sering tampil di TVRI dalam sesi wawancara dan berperan sebagai host dengan topik berbagai bidang politik dan hubungan internasional, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Dewi Rais juga cukup aktif dalam kegiatan silaturahmi paguyuban Wartawan Senior yang kerap berkumpul sesekali secara bergiliran. Kini semua hanya tinggal kenangan, Bapak Rais Abin dan Ibu Dewi Rais yang dalam waktu berselang beberapa bulan saja telah meninggalkan kita semua.

Kita semua merasa bersedih hati dan sangat berduka. Teriring belasungkawa dan sekaligus memanjatkan doa semoga kedua nya diterima disisi yang Mahakuasa pada tempat yang terbaik dan seluruh dosa-dosanya diampuni, Amin YRA.

Kepada seluruh keluarga yang ditinggalkan , kami panjatkan doa pula agar dapat tabah dalam menghadapi ini semua.

Tahun 2021 telah pergi meninggalkan kita semua, seorang Jenderal Senior yang banyak berjasa dan sangat rendah hati serta Seorang wartawan senior dan penulis cerdas yang handal serta baik hati.

Selamat Jalan Ibu Dewi Rais Abin...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com