Pemerintah Perpanjang Bansos dari BST hingga Subsidi Kuota Internet, Simak Rinciannya

Kompas.com - 18/07/2021, 06:07 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat melakukan kunjungan ke Sofifi, Maluku Utara untuk meninjau pembangunan infrastruktur di kota tersebut, Selasa (22/6/2021). Dok. Humas Kemenko Kemaritiman dan InvestasiMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat melakukan kunjungan ke Sofifi, Maluku Utara untuk meninjau pembangunan infrastruktur di kota tersebut, Selasa (22/6/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memperpanjang sejumlah program bantuan sosial (bansos) sebagai tindak lanjut dari penerapan PPKM Darurat.

Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, total tambahan anggaran untuk pengadaan bansos ini mencapai Rp 39,19 triliun.

"Pemerintah akan memberikan bantuan sosial tambahan sebesar 39,19 triliun untuk masyarakat yang akan dikucurkan segera oleh Menteri Keuangan dan Menteri Sosial," kata Luhut dalam konferensi pers PPKM Darurat, Sabtu (17/7/2021).

Baca juga: Cek Penerima Bansos Tunai dan Beras 10 Kg di cekbansos.kemensos.go.id

Tambahan bansos membuat anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) kembali naik menjadi Rp 744,75 triliun dari Rp 699,43 triliun.

Adapun bantuan tersebut meliputi tambahan 10 kilogram beras bulog untuk penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dan pemegang Kartu Sembako, tambahan dana Rp 400.000 untuk penerima Kartu Sembako, tambahan anggaran Kartu Prakerja, hingga tambahan subsidi listrik sampai Desember 2021.

"Kemudian ada bantuan sosial tunai 10 juta KPM, bantuan tambahan untuk 5,9 juta KPM usulan dari daerah, serta perpanjangan subsidi kuota internet bagi siswa mahasiswa, guru, dosen selama 6 bulan," tutur Luhut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih jelasnya, simak bantuan yang diperpanjang pemerintah sebagai tindak lanjut PPKM Darurat.

1. Kartu sembako

Pemerintah bakal memperpanjang bantuan program Kartu Sembako selama 2 bulan, yakni bulan Juli-Agustus 2021.

Artinya, penerima program Kartu Sembako akan menerima dana tambahan untuk periode 14 bulan tahun 2021 dengan besaran manfaat Rp 200.000 per bulan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.