Panduan Cara Jualan di Shopee dan Cepat Mendapatkan Pembeli

Kompas.com - 22/08/2021, 09:39 WIB
Ilustrasi cara jualan di Shopee, cara berjualan di Shopee, dan cara menjual barang di Shopee. DOK. Humas ShopeePayIlustrasi cara jualan di Shopee, cara berjualan di Shopee, dan cara menjual barang di Shopee.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisnis online relatif mudah dilakukan siapa pun. Salah satu platrom e-commerce di Indonesia adalah Shopee. Lalu bagaimana cara jualan di Shopee (cara berjualan di Shopee) dan bisa cepat mendapatkan pembeli?

Sebagai informasi, bisnis online tidak membutuhkan toko fisik, sehingga bisa dijalankan dengan modal minim. Banyak toko fisik dijalankan dari perumahan, bahkan pelosok desa.

Untuk reseller, pelaku bisnis hanya perlu modal untuk membeli persediaan barang yang akan dijual. Bahkan sebagian orang menjalankan bisnis ini hampir tanpa modal apabila menggunakan skema dropship.

Baca juga: Apa Itu Dropship, Apa Bedanya dengan Reseller

Dirangkum dari laman Shopee Indonesia, berikut cara jualan di Shopee:

Buat akun

  • Akses situs Shopee atau unduh aplikasi Shopee di Play Store atawa App Store
  • Klik "Daftar"
  • Masukkan nomor telepon, kode captcha, dan kode verifikasi lalu klik "Daftar".
  • Anda harus menambahkan serta melakukan verifikasi nomor handphone dan e-mail.
  • Pendaftaran ini tak perlu dilakukan apabila Anda sudah memiliki akun di Shopee. Namun biasanya, beberapa orang memilih membuat akun baru khusus untuk tokonya agar nama tokonya sesuai keinginan. 

Lengkapi profil toko

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melengkapi profil toko bisa Anda lakukan melalui aplikasi maupun Seller Centre. Berikut cara melengkapi profil melalui aplikasi:

  • Buka Aplikasi Shopee di handphone Anda.
  • Pilih "Saya" lalu "Toko Saya".
  • Kemudian, pilih "Asisten Penjual" > "Profil Toko" > kemudian lengkapi "Nama Toko" > "Deskripsi Gambar" > "Deskripsi".
  • Setelah itu klik icon "Centang" di pojok kanan atas menu.

Baca juga: Mengenal PayLater Online Shop yang Jadi Pesaing Kartu Kredit

Berikut cara melengkapi profil melalui Seller Centre:

  • Pergi ke Seller Centre, pilih "Profil Toko" > kemudian lengkapi "Nama Toko" > "Deskripsi Gambar" > "Deskripsi" setelah itu klik "Simpan".
  • Pilih nama toko. Pilih nama toko yang khas dan mudah diingat.
  • Masukkan deskripsi gambar. Upload hingga 5 foto dan video untuk memberikan toko Anda identitas brand yang kuat.
  • Buat deskripsi toko. Buat deskripsi singkat dan ringkas untuk menarik Pembeli mengunjungi toko Anda. Anda dapat menambahkan berbagai informasi seperti riwayat toko, tipe produk atau waktu membalas chat.

Cara menjual barang di shopee untuk pemula

Berikut cara berjualan di Shopee untuk pemula:

  • Akses tokomu di Seller Center (seller.shopee.co.id) atau klik Saya > Mulai Jual di Aplikasi Shopee
  • Klik ‘Tambah Produk Baru
  • Lengkapi Informasi Penjualan dengan deskripsi produk yang lengkap dan sesuai, serta Informasi Pengiriman mengenai jasa kirim yang akan digunakan.
  • Klik "Simpan & Tampilkan" untuk menampilkan produk Anda di Toko.

Baca juga: 15 Istilah Jual Beli Online: COD, PCB, PO, No Afgan, Tijek, hingga DM

Berikut beberapa tips cara jualan di Shopee untuk bisa mendapatkan pembeli pertama dengan cepat:

  • Berikan harga yang kompetitif. Sebelum berjualan, pastikan harga produk yang Anda tawarkan sudah kompetitif dan bisa bersaing dengan produk lainnya.
  • Perbanyak variasi produk. Perbanyak variasi produk berupa ukuran yang lengkap dan tawarkan berbagai macam warna. Semakin banyak variasi produk, maka akan lebih banyak kesempatan bagi para Pembeli untuk membeli produk di toko Anda.
  • Naikkan Produk. Selalu gunakan fitur Naikkan Produk di Shopee. Fitur ini bisa diaktifkan hingga 5 produk setiap 4 jam sekali. Semakin sering menggunakan fitur ini, produk Anda semakin sering dilihat oleh Pembeli. Produk Anda juga memiliki kemungkinan besar untuk muncul di hasil pencarian teratas. Namun, fitur ini tidak dapat digunakan apabila jumlah produk yang dinaikkan sudah mencapai batas maksimal atau apabila produk masih dalam proses pemeriksaan oleh Shopee.
  • Buat Voucher Toko. Berikan promosi menarik untuk meningkatkan keinginan pembeli belanja produk di toko Anda melalui fitur Voucher Toko Saya di Seller Centre bagian Promosi Saya. Setelah Buat Voucher Baru, pilih jenis voucher, dan isi semua informasi di kolom Informasi Voucher, klik Simpan.
  • Sebarkan di media sosial. Anda bisa melakukan promosi melalui messaging apps seperti WhatsApp, LINE, Telegram, dan lain-lain. Berikan deskripsi lengkap tentang produk yang Anda jual, seperti bahan, ukuran, harga, dan nilai tersendiri dari produk tersebut.
  • Daftar Gratis Ongkir di Shopee. Daftarkan toko Anda di program Gratis Ongkir melalui aplikasi atau situs Shopee pada halaman Gratis Ongkir. Proses pendaftaran Gratis Ongkir Shopee memerlukan waktu maksimal dua hari kerja sejak dokumen diterima secara lengkap (tidak dihitung hari Sabtu, Minggu & Libur Nasional).

Nah, itulah cara jualan di shopee dan tips cara menjual barang di Shopee agar cepat mendapatkan pembeli di e-commerce tersebut.

Baca juga: Cara Cek Ongkir J&T, JNE, TIKI, SiCepat, dan Pos Indonesia



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.