Ini Perusahaan yang Disiapkan Telkom Jadi Raja Menara Telekomunikasi

Kompas.com - 07/09/2021, 14:50 WIB
PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) ambil alih kepemilikan 6.050 menara telekomunikasi milik PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), Rabu (14/10/2020).  

DOK. Humas TelkomPT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) ambil alih kepemilikan 6.050 menara telekomunikasi milik PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), Rabu (14/10/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) mempersiapkan PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) untuk menjadi perusahaan penyedia menara telekomunikasi terbesar di Indonesia. Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah dengan mengalihkan 4.000 menara milik PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) ke Mitratel pada akhir Agustus 2021.

Setelah pengalihan tersebut, Mitratel kini memiliki lebih dari 28.000 unit menara telekomunikasi. Menara-menara ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia baik perkotaan, pinggiran kota, maupun pedesaan.

Perlu diketahui pula, sebagian besar menara yang dialihkan dari Telkomsel ke Mitratel berada di luar Pulau Jawa. Dengan begitu, Mitratel dapat memfasilitasi para operator telekomunikasi yang tengah banyak melakukan ekspansi jaringan ke luar Jawa sehingga Mitratel dapat semakin memperluas basis pelanggannya.

Baca juga: Bos BCA: 10 Tahun dari Sekarang Kita Hanya Akan Melihat 3 Bank Digital

Sejalan dengan kenaikan basis pelanggan tersebut, rasio penyewaan (tenancy ratio) menara Mitratel diharapkan akan semakin meningkat.

"Pada saat ini, tenancy ratio dari menara kami sekitar 1,57 kali. Sementara itu, secara keseluruhan, komposisi menara Mitratel yang berada di luar Jawa mencapai 57 persen sehingga memberikan kesempatan penyewaan untuk semakin berkembang," tutur Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkom Heri Supriadi dalam konferensi pers secara virtual, Senin (6/9/2021).

Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya menambahkan, selain memberikan tambahan menara yang dapat memperluas cakupan Mitratel, Telkom juga akan melengkapi Mitratel dengan keunggulan lainnya. Salah satunya adalah infrastruktur fiber optic.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mitratel akan memegang beberapa portofolio fiber optic yang diharapkan bisa melengkapi produk yang dapat ditawarkan Mitratel ke operator telekomunikasi yang membutuhkan," ucap Budi.

Baca juga: Jokowi: Persyaratan KUR Pertanian Harus Dipermudah

Dengan begitu, Mitratel dapat mendukung beragam kebutuhan tidak hanya bagi TelkomGroup tapi juga penyewa lainnya. Selanjutnya, Mitratel bersiap untuk mengoptimalkan value creation selanjutnya melalui aksi korporasi yang lebih besar lagi.

Sebagai informasi, Mitratel membukukan pendapatan non-konsolidasi sebesar Rp 3,2 triliun pada semester I-2021 atau tumbuh 10,9 persen secara tahunan. Sementara margin EBITDA-nya meningkat menjadi 76,5 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya yang sebesar 66,6 persen.

Selain bisnis data center, kenaikan bisnis menara telekomunikasi ini juga menjadi salah satu pendorong pertumbuhan segmen Wholesale & International Business Telkom. Pada semester I 2021, pendapatan segmen bisnis tersebut tumbuh 1,2 persen year on year menjadi Rp 6,9 triliun. (Nur Qolbi | Wahyu T.Rahmawati)

Baca juga: PPKM Makin Longgar, Tingkat Kunjungan ke Mal Mulai Naik

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Telkom (TLKM) menyiapkan Mitratel jadi perusahaan menara terbesar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.