KILAS

Beredar Disinformasi Keamanan Data PeduliLindungi, Begini Respons Telkom

Kompas.com - 14/09/2021, 14:12 WIB
Warga menggunakan aplikasi PeduliLindungi di kawasan Stasiun Sudirman, Jakarta, Sabtu (28/8/2021).  ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj. ANTARA FOTO/Dhemas ReviyantoWarga menggunakan aplikasi PeduliLindungi di kawasan Stasiun Sudirman, Jakarta, Sabtu (28/8/2021). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj.

KOMPAS.com – Senior Vice President Corporate Communication and Investor Relation PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Ahmad Reza mengatakan, pihaknya selalu mengedepankan faktor keamanan data dalam aplikasi PeduliLindungi.

“Dalam proses pengembangan PeduliLindungi, Telkom senantiasa mengambil best practice dari negara-negara lain yang memiliki aplikasi tracing digital,” kata Reza, dikutip dari keterangan pers resmi Telkom, Selasa (14/9/2021).

Melalui nilai-nilai itu, kata dia, Telkom kemudian mengembangkannya secara mandiri dan tanpa campur tangan pihak lainnya.

“Pengembangan PeduliLindungi akan terus dilakukan, demi menciptakan keamanan optimal bagi masyarakat,” imbuhnya.

Baca juga: Aturan Pembukaan Bioskop di Jawa-Bali: Wajib Pakai PeduliLindungi

Menurut Reza, saat ini merupakan waktu yang tepat bagi masyarakat membantu pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, salah satunya dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi dalam kehidupan sehari-hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Masyarakat juga bisa berperan aktif mengurangi produksi hoaks dan disinformasi terkait PeduliLindungi agar kondisi tetap kondusif,” pintanya.

Ia mengingatkan, PeduliLindungi merupakan alat bantu pemerintah dalam melakukan tracing yang saat ini telah menjadi salah satu protokol kesehatan (prokes) di berbagai area publik.

“Aplikasi ini sekaligus menjadi salah satu sarana untuk mendukung perekonomian agar bisa terus berjalan,” ucap dia.

Baca juga: Cara Dapatkan QR Code PeduliLindungi untuk Mal, Perkantoran, dan Instansi

Penting diketahui, informasi dan imbauan tersebut telah disampaikan setelah terjadi berbagai hoaks dan disinformasi terkait PeduliLindungi di sosial media.

Sejumlah hoaks itu, menurut Reza, merupakan hal ironis yang justru keluar melalui komentar sejumlah tokoh dan pegiat sosial media.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.