Genjot Ekspor RI ke Timur Tengah, Mendag Buka Kantor Baru ITPC di Dubai

Kompas.com - 03/10/2021, 07:46 WIB
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat menghadiri St. Petersburg International Economic Forum (SPIEF) di Rusia. Dok. Kementerian PerdaganganMenteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat menghadiri St. Petersburg International Economic Forum (SPIEF) di Rusia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi meresmikan kantor baru Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) pada Sabtu (2/10/2021).

Kehadiran kantor baru ITPC Dubai diharapkan bisa meningkatkan promosi serta perluasan ekspor produk Indonesia ke negara-negara Timur Tengah

"Pemindahan kantor ITPC Dubai ke lokasi yang lebih strategis merupakan salah satu strategi Kementerian Perdagangan untuk mengoptimalkan promosi produk Indonesia ke UEA dan wilayah Timur Tengah. Selain itu, hal ini juga bertujuan meningkatkan ekspor Indonesia ke UEA dan Timur Tengah, khususnya di masa pandemi Covid-19," ujarnya dalam siaran pers, dikutip Minggu (3/10/2021).

Lebih lanjut kata dia, ITPC berperan untuk memajukan pelaku usaha Indonesia, khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Baca juga: BPJS Kesehatan Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan D3-S1 Semua Jurusan

Oleh karena itu, terdapat area khusus atau ruang pamer di kantor baru ITPC Dubai yang menampilkan berbagai produk unggulan Indonesia, terutama produk UMKM yang berpotensi diminati para pembeli di UEA.

Produk-produk Indonesia juga akan dipajang secara digital dan bergantian pada layar digital di ruangan tersebut. Kini terdapat 30 produk UMKM RI yang sedang dipamerkan dalam gedung ITPC terbaru tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mendag mengatakan kantor ITPC Dubai juga berada di tengah perkantoran, hotel berbintang, pusat perbelanjaan, dan berdekatan dengan bandara internasional Dubai.

Selain itu, ITPC Dubai juga dekat dengan salah satu ikon Dubai yaitu Clock Tower. Akses kantor ITPC Dubai kini juga lebih mudah karena berdekatan dengan terminal bus dan stasiun kereta metro.

Kantor ITPC Dubai baru ini memilih tema Modern yet Ethnic, yang diartikan sebagai cara ITPC Dubai mempromosikan keragaman produk Indonesia secara modern tanpa meninggalkan identitas budaya Indonesia.

Baca juga: Siap-siap, KTP Bakal Difungsikan Jadi NPWP Pajak

"Lokasi baru ITPC Dubai berada di area Port Saaed yang merupakan salah satu area bisnis di Dubai. Kantor ITPC Dubai juga berada sangat dekat dengan kantor lembaga pemerintah yang merupakan mitra kerja ITPC, seperti Dubai Economic Development (DED) dan Emirates Authority for Standardization And Metrology (ESMA)," kata Mendag.

Kepala ITPC Dubai Khomaeni menyebutkan, proyeksi ekspor perdagangan nonmigas RI ke UEA berpotensi tumbuh sebesar 1,6 miliar dollar AS per tahun di beberapa sektor, seperti perhiasan, minyak sayur, mobil dan suku cadang mobil, tembaga, karet, dan aluminium.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, nilai ekspor nonmigas Indonesia ke UEA periode Januari-Juli 2021, tercatat sebesar 953,5 juta dollar AS atau meningkat sebesar 26,16 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019 yaitu sebesar 755,8 juta dollar AS.

Baca juga: Pengumuman, KA Kamandaka dan KA Joglokerto Kembali Beroperasi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.