Marketing Adalah Kunci Strategi Pemasaran, Simak Penjelasannya

Kompas.com - 02/10/2021, 21:06 WIB
Marketing adalah strategi pemasaran untuk peningkatan penjualan, digital marketing adalah strategi pemasaran melalui digital. Dok. DFSKMarketing adalah strategi pemasaran untuk peningkatan penjualan, digital marketing adalah strategi pemasaran melalui digital.

KOMPAS.com - Marketing adalah istilah yang sudah kerap didengar dalam bisnis. Marketing adalah strategi mengenalkan produk atau jasa agar bisa diketahui calon konsumen atau masyarakat.

Definisi marketing adalah

Dikutip dari Investopedia, marketing adalah strategi bisnis yang mengacu pada kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan pembelian atau penjualan produk atau jasa.

Marketing adalah mencakup periklanan, penjualan, dan pengiriman produk kepada konsumen atau bisnis lain. Beberapa aktivitas marketing adalah seringkali dilakukan oleh afiliasi atas nama perusahaan.

Seperti perusahaan produsen mobil yang pemasarannya dilakukan sepenuhnya oleh mitra perusahaan agen pemegang merek tunggal (APTM) hingga perusahaan pemilik dealer.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Pengemasan dan Alasan Utama Melakukan Pengemasan?

Profesional yang bekerja di departemen pemasaran dan promosi perusahaan berusaha untuk mendapatkan perhatian dari audiens potensial utama melalui iklan.

Promosi ditargetkan untuk menjaring audiens tertentu sebagai calon konsumen dan mungkin melibatkan dukungan selebriti, frasa atau slogan yang menarik, kemasan yang mudah diingat atau desain grafis, dan beriklan di media.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jenis-jenis marketing

Marketing sendiri sebenarnya mencakup banyak hal, tak hanya soal usaha promosi secara langsung seperti beriklan di televisi hingga memasang baliho.

Pemasaran sebagai suatu disiplin melibatkan semua tindakan yang dilakukan perusahaan untuk menarik pelanggan dan memelihara hubungan dengan mereka.

Baca juga: Cara Menghitung HPP atau Harga Pokok Penjualan

Berjejaring dengan calon klien atau klien sebelumnya juga merupakan bagian dari pekerjaan marketing, dan mungkin termasuk menulis email terima kasih, bermain golf dengan calon klien, membalas telepon dan email dengan cepat, dan bertemu dengan klien untuk minum kopi atau makan.

Marketing adalah kunci penjualanbangkok-motorshow.com Marketing adalah kunci penjualan

Pada tingkat yang paling dasar, pemasaran berusaha mencocokkan produk dan layanan perusahaan dengan pelanggan yang menginginkan akses ke produk tersebut. Mencocokkan produk dengan pelanggan pada akhirnya memastikan produk tersebut akhirnya bisa terbeli.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.