KILAS

Telkom Dorong Kreator Gim Lokal Hasilkan Karya Mendunia

Kompas.com - 15/10/2021, 09:26 WIB
Penutupan acara eksibisi esports PON XX Papua 2021, Kamis (14/10/2021).
DOK. Humas TelkomPenutupan acara eksibisi esports PON XX Papua 2021, Kamis (14/10/2021).

KOMPAS.com – Direktur Digital Business Telkom Indonesia Muhamad Fajrin Rasyid berharap, dengan berkembangnya industri electronic sports (eSports) di Indonesia, masyarakat tidak hanya menjadi konsumen saja,

“Kami juga akan mendorong para kreator gim lokal bisa menghasilkan gim yang nantinya sampai mendunia," imbuhnya seperti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (15/10/2021).

Seperti diketahui, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 telah menyelesaikan penyelenggaraan pertandingan persahabatan untuk divisi eSports.

Dalam divisi eSports tersebut terdapat beberapa gim popular yang dipertandingkan, salah satunya gim lokal karya anak bangsa yaitu Lokapala.

Baca juga: Masuki Babak Kualifikasi, Super Esports Series Season 1 Bakal Seru

Meski diselenggarakan sebagai pertandingan persahabatan, pertandingan gim Lokapala ini patut menjadi catatan tersendiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab, pertandingan gim Lokapala dilatarbelakangi oleh semangat untuk mengangkat gim karya anak bangsa di pentas prestasi nasional maupun di kancah global.

Pada kesempatan terpisah, CEO Melon Indonesia selaku publisher Lokapala Dedi Suherman berharap, lewat pertandingan persahabatan pada PON XX Papua dapat mendorong bangkitnya industri pengembangan gim di tanah air.

Baca juga: Bangga, Gim Karya Anak Bangsa Kini Hadir di PON XX Papua 2021

Sumber daya potensial untuk kemajuan prestasi esports

Sementara itu, Ketua Pengarah dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar (PB) Esports Indonesia Frengky Ong mengatakan, kemampuan para atlet dari semua daerah dapat menjadi sumber daya potensial yang menjanjikan.

“Menarik untuk kami sampaikan, kemampuan para atlet dari semua daerah terlihat merata ini bisa menjadi sumber daya potensial untuk kemajuan prestasi eSports di masa yang akan datang,” ujarnya.

Menurut Frengky, penampilan seluruh atlet di babak pertama eksibisi PON XX Papua 2021 pantas mendapatkan pujian dan applause semeriah-meriahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.