KILAS

Andalkan Layanan Pesan Antar Online, Omzet Sego Krenyes Milik Sofwan Adi Melonjak hingga 80 Persen

Kompas.com - 05/11/2021, 13:14 WIB
Sebagai pemilik, Sofwan Adi (kanan) pun terjun langsung dalam menjalankan bisnis kuliner Sego Krenyes demi menjaga kualitas makanan yang ia jual melalui platform Grab. Dok. GrabSebagai pemilik, Sofwan Adi (kanan) pun terjun langsung dalam menjalankan bisnis kuliner Sego Krenyes demi menjaga kualitas makanan yang ia jual melalui platform Grab.

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai membawa dampak besar bagi seluruh masyarakat, khususnya pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di bidang kuliner.

Berbagai penerapan pembatasan aktivitas masyarakat juga mengharuskan pelaku UMKM kuliner untuk mengubah pola usaha.

Agar tetap bertahan, pelaku UMKM harus mengandalkan teknologi untuk menjangkau para pelanggan yang kini dianjurkan untuk tidak keluar rumah, salah satunya online food delivery atau layanan pesan antar online.

Hal tersebut diakui oleh pemilik usaha kuliner Sego Krenyes di Surabaya, Sofwan Adi. Untuk membuat bisnisnya bertahan, ia harus memanfaatkan teknologi digital.

“Pasang surut akan selalu dialami ketika merintis bisnis. Apalagi, di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Kami harus cepat beradaptasi dan memanfaatkan peluang, salah satunya dengan berjualan secara online agar mendapatkan pelanggan yang lebih banyak,” kata Ofan, sapaan akrabnya, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (5/11/2021).

Sebelumnya, Ofan juga mengalami jatuh bangun saat mengembangkan usahanya. Bahkan, lokasi usahanya pernah mengalami musibah kebakaran dan ia harus merasakan kerugian besar. Meski pun begitu, ia perlahan-lahan berusaha bangkit dan membangun kembali usahanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia pun merasa beruntung karena telah bergabung sebagai mitra merchant GrabFood sejak 2018. Menurut Ofan, keputusan tersebut merupakan langkah yang tepat untuk menjaga keberlangsungan usaha dan mempertahankan karyawan.

“Awalnya, usaha saya ini hanya membidik pangsa pasar mahasiswa. Namun, sejak bergabung menjadi mitra merchant GrabFood, Sego Krenyes dapat dinikmati banyak orang sehingga omzetnya mengalami kenaikan hingga 80 persen. Jumlah transaksi per hari pun bisa mencapai 250 porsi,” paparnya.

Hampir setiap hari kedai Sego Krenyes milik Sofwan Adi ramai dikunjungi oleh mitra pengantaran Grab yang tengah mengambil pesanan melalui layanan GrabFood.Dok. Grab Hampir setiap hari kedai Sego Krenyes milik Sofwan Adi ramai dikunjungi oleh mitra pengantaran Grab yang tengah mengambil pesanan melalui layanan GrabFood.

Dengan menggunakan GrabFood, ia mengaku hanya perlu duduk manis di warung menunggu pesanan masuk melalui smartphone.

Setelah menerima pesanan, karyawan hanya perlu menyiapkan pesanan sesuai permintaan konsumen dan menunggu mitra pengantaran datang mengambil pesanan.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.