Kompas.com - 18/11/2021, 06:09 WIB
Ada banyak ide bisnis online untuk pemula atau bisnis online pemula. shutterstockAda banyak ide bisnis online untuk pemula atau bisnis online pemula.

KOMPAS.com - Apa ide bisnis online untuk pemula? Pertanyaan tersebut seringkali ditanyakan orang yang ingin memulai bisnis secara daring. Bisnis online pemula memang jadi pilihan, mengingat modal yang dikeluarkan relatif sedikit ketimbang membuka usaha secara fisik.

Ada banyak ide bisnis online untuk pemula yang bertebaran di internet, seperti membuka bisnis reseller atau dropship. Namun sebelum memulai, ada baiknya mempertimbangkan matang-matang ide bisnis online yang akan dipilih. 

Dengan masifnya perkembangan bisnis online, baik marketplace maupun media sosial, toko atau lokasi fisik sudah tidak bisa lagi diandalkan sebagai satu-satunya cara untuk memperoleh pendapatan.

Baca juga: Berapa Biaya Admin Tokopedia yang Ditanggung Penjual?

Beragam ide bisnis online untuk pemula

Nah berikut ini ide bisnis online untuk pemula atau bisnis online pemula yang bisa jadi pertimbangan seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Dropship

Dropship sangat cocok sebagai bisnis online pemula. Dropship adalah penjualan produk yang memungkinkan dropshipper, sebutan untuk pelaku usaha dropship, menjual barang ke pelanggan dengan hanya bermodalkan foto atau gambar dari supplier tanpa perlu menyetok barang.

Skema ide bisnis online dropship adalah pelanggan membeli barang dengan mentransfer uang ke rekening dropshipper, lalu dropshipper membayar kepada supplier sesuai harga beli dropshipper ditambah ongkos kirim.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain mengirimkan uang pembelian barangg, dropshipper juga mengirimkan data-data pelanggan kepada supplier seperti nama, alamat, dan nomor yang bisa dihubungi.

Baca juga: Rincian Biaya Admin Bank BCA, Saldo Minimal, dan Setoran Awal

Dari sini, barang akan dikirimkan oleh supplier langsung ke alamat pelanggan. Dengan kata lain, tugas dropshipper adalah hanya memasarkan barang tanpa perlu menyetok barang. Pemasaran bisa dilakukan dengan menggunggah foto produk di media sosial atau marketplace. 

Keuntungan ide bisnis online dropshipper berasal dari margin harga jual ke pelanggan dikurangi dengan harga beli dari supplier yang ditambah dengan ongkos kirim.

2. Guru les online

Ide bisnis online untuk pemula selanjutnya adalah menjadi guru les online. Kursus maupun les online semakin banyak pemrintaan sejak beberapa tahun terakhir. Saat ini, banyak perusahaan aplikator yang secara khusus menyediakan layanan ini. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.