Cegah Omicron, Kru Pesawat Penerbangan Internasional Wajib Tes PCR Saat Mendarat di Indonesia

Kompas.com - 04/12/2021, 17:02 WIB
Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI, Novie Riyanto dalam peluncuran SIDOPI yang digelar secara online, Rabu (14/4/2021). KemenhubDirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI, Novie Riyanto dalam peluncuran SIDOPI yang digelar secara online, Rabu (14/4/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali memperbaharui aturan terkait perjalanan internasional guna mencegah masuknya varian baru Covid-19 yakni Omicron, ke Indonesia.

Pada aturan terbaru, kru pesawat penerbangan internasional kini diwajibkan mengikuti tes PCR saat kedatangan di Indonesia. Ini berlaku baik bagi kru pesawat asing maupun kru dari Indonesia yang melakukan penerbangan internasional.

Ketentuan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan Nomor 106 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas SE 102 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Internasional Dengan Transportasi Udara Selama Masa Pandemi Covid-19.

Baca juga: Apa Itu Omicron?

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto menjelaskan, apabila kru pesawat turun dari pesawat udara setelah tiba di Indonesia, baik itu sekedar menunggu jadwal penerbangan selanjutnya atau menginap, maka harus melakukan tes PCR di bandara kedatangan.

"Ini sebelumnya tidak diatur, dengan SE ini kami melakukan pengaturan lebih detail khusus kepada kru, baik itu pilot, pramugari, dan teknisi yang ikut penerbangan tersebut," ujar Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto dalam konferensi pers virtual, Sabtu (4/12/2021).

Bila hasil tes PCR tersebut menunjukkan positif Covid-19, maka kru pesawat yang bersangkutan harus dirawat di rumah sakit. Namun, seluruh biaya perawatannya ditanggung mandiri atau oleh perusahaan penerbangan tempat kru tersebut berkerja.

Selain ketentuan wajib PCR saat kedatangan di Indonesia, beleid terbaru juga memperketat syarat kewajiban dokumen tes PCR bagi kru pesawat sebelum terbang dari bandara asal. Bila sebelumnya kru pesawat harus memiliki hasil negatif Covid-19 dari tes PCR 7x24 jam sebelum berangkat ke Indonesia, kini menjadi menjadi 3x24 jam.

Adapun aturan terbaru terkait perjalanan internasional pada transportasi udara ini, berlaku efektif mulai 3 Desember 2021.

"Ini adalah langkah-langkah kami untuk merespons SE Satgas Covid-19 yang mengatur perjalanan internasional. Kami atur lebih detail lagi terhadap kru pesawat udara untuk menjamin dan memfilter agar Omicron tidak masuk (ke Indonesia)," pungkas Novie.

Baca juga: Aturan Terkini: Cegah Omicron, Masuk Indonesia Wajib Karantina 10-14 Hari

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.