INACA: Terjadi Fenomena Menarik di Industri Penerbangan Nasional Saat Pandemi

Kompas.com - 07/12/2021, 18:51 WIB
Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja mengatakan, industri penerbangan telah menjalankan protokol kesehatan dengan ketat sesuai ketentuan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perhubungan, Jumat (14/8/2020) KOMPAS.COM/MEI LEANDHA ROSYANTIKetua Umum INACA Denon Prawiraatmadja mengatakan, industri penerbangan telah menjalankan protokol kesehatan dengan ketat sesuai ketentuan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perhubungan, Jumat (14/8/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Maskapai Penerbangan Nasional atau INACA menilai terjadi fenomena menarik dalam industri penerbangan nasional saat pandemi Covid-19 di Indonesia. Hal ini mengindikasikan pasar transportasi udara tetap menarik dan diharapkan segera pulih.

"Akibat pandemi banyak maskapai nasional berhenti beroperasi atau mengurangi kapasitas produksinya, namun di sisi lain, banyak maskapai baru yang muncul dengan performa yang baik. Ini fenomena menarik," ujar Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja seperti dikutip dari Antara, Selasa (7/12/2021).

Baca juga: INACA Proyeksi Jumlah Penumpang Pesawat Capai 70 Juta pada 2022

Denon menambahkan, pandemi yang telah berlangsung selama kurang lebih 2 tahun telah berdampak sangat besar pada sektor transportasi udara di Indonesia.

Akibat adanya pembatasan mobilisasi masyarakat untuk menghambat penyebaran virus Corona, berimbas pada menurunnya jumlah penumpang pesawat dan akhirnya berdampak pada pendapatan maskapai penerbangan.

Perusahaan penerbangan harus melakukan berbagai upaya pemulihan yang akan berdampak pada keberlanjutan bisnisnya untuk tetap memberikan layanan transportasi udara.

Baca juga: Menhub Minta INACA Dukung Transportasi Udara di Wilayah 3TP

 

Pengelolaan sumber daya yang efektif dan efisien menjadi salah satu upaya untuk menekan biaya, agar keberlangsungan usaha tetap terjaga.

"Dengan demikian operasional penerbangan dapat berjalan efektif, efisien dan maskapai mendapatkan pendapatan yang baik sebagai bekal untuk melakukan pertumbuhan pasca pandemi," katanya.

Berdasarkan kertas putih INACA bekerjasama dengan Universitas Padjajaran, penerbangan domestik Indonesia akan mulai pulih pada 2022 dan optimal seperti sebelum pandemi di 2024.

Sedangkan penerbangan internasional diprediksi mulai pulih pada 2023 dan optimal pada 2026.

Baca juga: INACA Prediksi Industri Penerbangan Mulai Pulih pada 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.