Pendapatan Premi Asuransi Tumbuh 4,92 Persen pada Oktober 2021

Kompas.com - 21/12/2021, 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pendapatan premi untuk asuransi komersial tumbuh 4,92 persen yoy (secara tahunan) di Oktober 2021. Adapun, nilai kenaikannya mencapai Rp 10,85 triliun.

“Kita patut syukuri meskipun biasanya kita double digit, ini single digit dulu. Itu sudah syukur alhamdulillah. Itu artinya ada potensi ke depannya,” ujar Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) 2A, OJK Ahmad Nasrullah dalam webinar, Selasa (21/12/2021).

Menurut Ahmad, saat ini appetite masyarakat terhadap sektor asuransi masih cukup tinggi sejalan dengan kesadaran masyarakat untuk berasuransi. Mengingat, kondisi ketidakpastian akibat pandemi Covid-19 yang saat ini masih ada.

Sementara itu, Ahmad juga menyoroti terkait kebijakan mengenai produk asuransi yang diinvestasikan (Paydi) atau yang juga dikenal dengan unitlink yang beberapa waktu belakangan menjadi sorotan.

Baca juga: Expo 2020 Dubai, Produk UKM Karya Difabel Ramaikan Paviliun Indonesia

Ia bilang OJK juga sedang melakukan proses revisi atau penyempurnaan mengingat aturan yang ada sudah berumur 15 tahun.

“Kami juga sudah bicara dengan asosiasi kira-kira potensi-potensi perbaikannya akan seperti apa,” jelasnya.

Ia mengakui aturan ini memang sudah menjadi yang ditunggu-tunggu oleh pelaku industri. Meskipun tidak menjelaskan secara pasti kapan aturannya keluar, Ahmad hanya bilang proses revisi ini sudah mencapai tahap akhir.

“Ini sudah dalam tahap akhir, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bisa kita keluarkan aturannya,” pungkas Ahmad. (Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi)

Baca juga: Karyawan Ancam Mogok Kerja, Pertamina: Kedepankan Kepentingan Umum

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: OJK: Pendapatan Premi Asuransi Tumbuh 4,92% pada Oktober 2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.