Kompas.com - 21/12/2021, 20:02 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa pengembangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam bakal dipercepat.

Hal itu menyusul penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) dengan Badan Usaha Pelaksana Proyek KPBU Pengembangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

“Penandatanganan PKS ini menandai era baru dari proses panjang dalam upaya percepatan pengembangan Bandara Hang Nadim Batam dalam menunjang pengembangan Kawasan BBK" ujar Airlangga dalam siaran pers, Jakarta, Selasa (21/12/2021).

"Serta menunjang kawasan regional Indonesia bagian barat, maupun menghubungkan dengan pasar global seperti Korea, Jepang, dan Tiongkok, bahkan bisa menjangkau Amerika Serikat,” sambungnya.

Baca juga: Karyawan Ancam Mogok Kerja, Pertamina: Kedepankan Kepentingan Umum

Airlangga mengungkapkan, terdapat beberapa peluang yang dapat ditangkap oleh Batam. Mulai dari terbukanya lalu lintas penerbangan, baik domestik maupun internasional, mendukung penerbangan haji dan umroh, hingga pengembangan Batam sebagai Logistic Aerocity.

Pemerintah yakin hal itu terealisasi karena kapasitas dan kapabilitas anggota konsorsium. Adapun konsorsium terdiri dari PT Angkasa Pura I yang telah mengelola 15 bandara di Indonesia, Incheon International Airport Corporation yang telah mengelola Bandara Internasional Incheon, dan PT Wijaya Karya.

“KPBU Hang Nadim Batam merupakan proyek brownfield dengan nilai investasi sebesar Rp 6,9 triliun dengan masa kerja sama selama 25 tahun," kata Airlangga.

Ia berharap KPBU ini dapat memberikan manfaat langsung kepada BP Batam senilai Rp 34,58 triliun, peningkatan pelayanan kebandarudaraan dengan target awal peningkatan jumlah penumpang sebesar 2 kali lipat dan pelayanan kargo sebesar 1,5 kali lipat dalam 5 tahun.

Baca juga: Daftar Lelang Rumah Murah di Jakarta Jelang Akhir Tahun, Harga Mulai Rp 134 Juta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.