Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditutup Mulai 1 Januari 2022, Penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma Akan Dipindahkan

Kompas.com - 27/12/2021, 13:11 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARRTA, KOMPAS.com - Bandara Halim Perdanakusuma akan ditutup mulai 1 Januari 2022. Penutupan ini hanya sementara waktu dalam rangka revitalisasi.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan, penerbangan pesawat udara sipil atau komersil yang saat ini beroperasi di Bandara Halim Perdanakusuma akan dipindahkan operasionalnya ke sejumlah bandara lain.

"Operasionalnya akan dipindahkan ke Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Pondok Cabe, dan Bandara Budiarto Curug," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (27/12/2021).

Baca juga: Sejarah Bandara Halim Perdanakusuma yang Ditutup Mulai 1 Januari

Meski demikian, Adita belum bisa menyebut waktu pasti pemindahan penerbangan komersil dari Bandara Halim Perdanakusuma. Menurutnya, proses pemindahan masih menunggu terbitnya Peraturan Presiden (Perpres).

Ia bilang, Perpres yang akan terbit sebagai payung hukum pelaksanaan revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma. Oleh sebab itu, Kemenhub sedang menunggu proses pengesahannya untuk bisa segera dilaksanakan.

"Perpindahan operasional pesawat udara sipil dilaksanakan setelah diterbitkannya Perpres dimaksud," katanya.

Adapun menurut Adita, revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma memang diperlukan meningkatkan faktor keselamatan penerbangan di bandara itu. Di antaranya akan dilakukan perbaikan pada sisi runway dan sistem drainase.

"Revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan dan keselamatan penerbangan," pungkas dia.

Baca juga: Kapan dan Kenapa Bandara Halim Mau Ditutup? Simak Lagi Penjelasan Kemenhub

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com