Harga Minyak Mentah Naik Seiring Pengurangan Pasokan oleh AS

Kompas.com - 29/12/2021, 11:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga minyak mentah dunia naik jelang rilis data tentang kondisi pasokan. Pada perdagangan Rabu (29/12/2021) waktu Indonesia atau Selasa di AS, harga minyak naik seiring dengan pengurangan pasokan oleh AS.

Melansir oilprice.com, harga minyak mentah Brent naik 0,51 persen dari hari sebelumnya menjadi 79 dollar AS per barrel. Adapun secara mingguan tercatat naik 6,5 dollar AS per barrel.

Sementara untuk minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik 0,49 persen menjadi 75,94 dollar AS per barrel. Secara mingguan tercatat naik sebesar 6 dollar AS per barrel.

Baca juga: Kaleidoskop 2021: Tahun Penuh Harapan bagi Pelaku UMKM

American Petroleum Institute (API) memang memperkirakan pengurangan pasokan minyak mentah menjadi sebanyak 3,09 juta barrel pada pekan ini. Hal itu, melanjutkan pengurangan pasokan minyak di pekan lalu sebesar 3,6 juta barrel, lebih tinggi dari perkiraan para analis yang sebesar 2,6 juta barrel.

API melaporkan pengurangan stok bensin sebesar 319.000 barrel di sepanjang pekan yang berakhir di 24 Desember 2021. Sementara stok sulingan dikurangi 716.000 barrel pada pekan ini, melanjutkan pengurangan di akhir pekan lalu yang sebanyak 849.000 barrel.

Adapun sejak awal tahun, persediaan minyak mentah AS terpantau telah turun sekitar 68 juta barrel. Aksi AS itu bertujuan mengurangi tekanan pada harga minyak akibat melambatnya permintaan dan peningkatan kasus varian Omicron.

Baca juga: Daftar Daerah Penghasil Kakao Terbesar di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.