Kompas.com - 03/01/2022, 08:37 WIB
Jalan yang akan digunakan untuk sirkuit Formula E Jakarta 2022, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (22/12/2021). KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONOJalan yang akan digunakan untuk sirkuit Formula E Jakarta 2022, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (22/12/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) memastikan, terpilihnya Ancol sebagai area lintasan kegiatan Formula E akan membawa keuntungan. Ancol merupakan salah satu dari 5 lintasan yang akan diputuskan serta disurvei oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Terlebih, pemilihan sirkuit di Ancol ini mendapat masukkan dari Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang juga Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Sebagai informasi, penyelenggaraan Formula E Jakarta 2022 akan digelar pada 4 Juni 2022. Ajang balap mobil listrik ini akan menjadi salah satu rangkaian ulang tahun ke-494 Kota DKI Jakarta.

Baca juga: Apakah Penyaluran Kredit Bank DKI ke Ancol Senilai Rp 1,2 Triliun Terkait Formula E?

"Perseroan akan mendapat pendapatan atas nilai sewa lahan dari PT Jakarta Propertindo atas kegiatan Formula E," kata Direktur Pembangunan Jaya Ancol Suparno dikutip dari Keterbukaan Informasi, Senin (3/1/2022).

Jakarta Propertindo sendiri bertanggung jawab sebagai pihak penyelenggara Formula E tersebut.

Terkait perjanjian sewa lahan untuk kegiatan itu kata Suparno, masih dalam tahap penyusunan dan akan dilaporkan ke pihak Bursa Efek Indonesia (BEI) paling lambat 2 hari kerja usai perjanjian ditandatangani.

"Sementara untuk nilai sewa sedang ditunjuk KJPP independen untuk menghitung nilai sewa yang layak dan wajar atas lahan yang digunakan kegiatan Formual E oleh PT Jakarta Propertindo," ucapnya.

Ancol resmi ditunjuk sebagai lokasi sirkuit penyelenggaraan Formula E Jakarta 2022. Penunjukan itu disampaikan langsung oleh Ketua Pelaksana Jakarta E-Prix 2022 Ahmad Sahroni.

"Diberikan approval (oleh Federasi Otomotif Internasional) sirkuit untuk penyelenggaraan Formula E di Jakarta adalah di Ancol," ujar Sahroni saat konferensi pers di Ancol/JI Expo, Rabu (22/12/2021).

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto, Senin (20/12/2021), mengatakan, Ancol dan Jakarta International Expo (JI Expo) menjadi kandidat kuat lokasi sirkuit Formula E.

Pilihan tersebut mengerucut setelah sebelumnya penyelenggara memberikan lima opsi lokasi, yaitu Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Pantai Indah Kapuk, JI Expo, Jakarta International Stadium, dan Ancol.

Baca juga: Ini Alasan Ancol Ngutang Rp 905 Miliar ke Bank DKI

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.