Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penasaran Berapa Gaji Tentara Amerika Serikat?

Kompas.com - Diperbarui 17/01/2022, 08:05 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai negara maju sekaligus memiliki angkatan bersenjata terkuat di dunia, personil militer Amerika Serikat (AS) tentunya memiliki kesejahteraan yang relatif tinggi dibandingkan negara-negara lain.

Tingkat kesejahteraan tentara AS berlaku sama untuk semua matra antara lain Angkatan Laut (US Navy), Angkatan Darat (US Army), Angkatan Udara (USAF), Angkatan Antariksa (US Space Force), Penjaga Pantai (USCG), dan Marinir (US Marine). 

Yang menarik di AS, kendati diiming-imingi gaji dan tunjangan besar, nyatanya peminat masuk ketentaraan di AS sangat minim. Tak banyak warganya yang mendambakan profesi ini. 

Lalu berapa sebenarnya gaji personil militer AS?

Dikutip dari laman resmi Military USA.gov, gaji tentara AS dihitung berdasarkan formula kombinasi antara pangkat dan masa pengabdian. 

Baca juga: Penasaran Berapa Gaji Kapolda, Kapolres, hingga Kapolsek?

Kepangkatan di AS sendiri terbagi menjadi 3 golongan, yakni golongan E atau Enlisted (Tamtama dan Bintara), W atau Warrant (Pembantu Perwira), O atau Officers (Perwira).

Gaji tentara Amerika Serikat terendah adalah adalah E-1 atau pangkat Privat. Pangkat Privat sendiri setara dengan Prajurit Dua (Prada) pada jenjang kepangkatan TNI di Indonesia. 

Disebutkan, gaji per bulan yang diterima tentara AS dengan pangkat Private atau E-1 dengan masa kerja kurang dari empat bulan adalah sebesar 1.640 dollar AS atau sekitar Rp 23.475.800 (kurs Rp 14.300).

Apabila tentara AS dengan pangkat Private sudah bekerja selama lebih dari dua bulan namun masih di bawah 2 tahun, gaji per bulannya akan naik menjadi 1.785 dollar AS atau sekitar Rp 25,55 juta.

Baca juga: Intip Besaran Gaji TNI AL dan Tunjangannya Tahun 2021

Gaji tersebut akan terus meningkat seiring dengan lamanya masa pengabdian. Untuk gaji tentara AS paling tinggi, tentunya dipegang oleh jenderal.

Jenderal berada di jenjang karier teratas yakni berada di level Officers 10 (O-10). Sebagai contoh, gaji yang diterima seorang jenderal dengan pengabdian selama 40 tahun di militer Amerika Serikat yakni sebesar 16.608 dollar AS atau setara dengan Rp 237,73 juta. 

Gaji tentara AS

Sebagai perbandingan, berikut ini daftar gaji tentara AS berdasarkan pangkatnya dengan catatan masa kerja sama-sama kurang dari dua tahun:

Enlisted (E)

  • E-1 (Private): 1.650 dollar AS
  • E-2 (Private 2): 2.000 dollar AS
  • E-3 (Private First Class): 2.103 dollar AS
  • E-4 (Specialist/Corporal): 2.330 dollar AS
  • E-5 (Sergeant): 2.541 dollar AS
  • E-6 (Staff Sergeant): 2.774 dollar AS
  • E-7 (Sergeant First Class): 3.207 dollar AS

Warrant Officers (W)

  • W-1 (Warrant Officer): 3.309 dollar AS
  • W-2 (Chief Warrant Officer 2): 3.770 dollar AS
  • W-3 (Chief Warrant Officer 3): 4.261 dollar AS
  • W-4 (Chief Warrant Officer 4): 4.665 dollar AS

Officers (O)

  • O-1 (Second Lieutenant): 3.385 dollar AS
  • 0-2 (First Lieutenant): 3.901 dollar AS
  • 0-3 (Captain): 4.514 dollar AS
  • 0-4 (Major): 5.135 dollar AS

Penting diketahui, selain gaji bulanan, tentara AS juga menerima tunjangan pensiun yang nilainya cukup besar. 

Tentara AS juga menerima berbagai benefit seperti kredit perumahan, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, pendidikan, dan pelatihan.

Perwira tentara AS dan Israel berjalan di depan sistem pertahanan rudal Patriot AS selama latihan militer gabungan Israel-AS Juniper Cobra di Pangkalan Angkatan Udara Hatzor Israel pada 8 Maret 2018.AFP PHOTO/JACK GUEZ Perwira tentara AS dan Israel berjalan di depan sistem pertahanan rudal Patriot AS selama latihan militer gabungan Israel-AS Juniper Cobra di Pangkalan Angkatan Udara Hatzor Israel pada 8 Maret 2018.

Baca juga: Besaran Gaji TNI Plus Tunjangannya, dari Tamtama hingga Jenderal

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com