Besok, Layanan Teman Bus di 5 Kota Beroperasi Kembali

Kompas.com - 15/01/2022, 21:05 WIB
Teman Bus: Trans Mamminasata sebagai bus kota yang melayani warga Makassar diresmikan pada Sabtu (13/11/2021). Ditjen Hubdat Kemenhub RITeman Bus: Trans Mamminasata sebagai bus kota yang melayani warga Makassar diresmikan pada Sabtu (13/11/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal mengoperasikan kembali layanan Teman Bus di lima kota besar pada besok, Minggu (16/1/2022). Terdiri dari Makassar, Banjarmasin, Banyumas, Surabaya, dan Bandung.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, Teman Bus yang merupakan program buy the service (BTS) di lima kota itu sempat terhenti karena ada perubahan skema lelang, yakni dari lelang umum menjadi lelang e-katalog.

Baca juga: Kemenhub Tambah Kapal Perintis di Pelabuhan Wilayah Timur Indonesia

"Ini sudah ada progres kemarin sore untuk lelang lima kota besar itu. Operator pun menyiapkan diri, jadi besok mulai berjalan kembali layanan BTS angkutan massal di lima kota besar," ungkapnya dalam konferensi pers virtual, Sabtu (15/1/2022).

Program BTS dilakukan dengan sistem membeli layanan angkutan massal perkotaan kepada operator melalui mekanisne lelang. Pemerintah mengalokasikan anggaran untuk membeli layanan jasa yang disediakan perusahaan angkutan umum dengan kriteria tertentu.

Maka, perusahaan angkutan umum yang menyediakan jasa menjalin kontrak dengan pemerintah yang menyediakan anggarannya.

Baca juga: Kemenhub Masih Kaji Kenaikan Tarif KRL

"Kami sudah siapkan anggarannya, bahkan kalau ada kekurangan di anggaran akan kami carikan untuk bisa memenuhi kegiatan operasional selama satu tahun," jelas dia.

Budi mengatakan, pada dasarnya penyesuaian terkait perubahan skema diperkirakan memakan waktu 3-4 minggu. Namun karena ada beberapa daerah yang sudah berkontrak antara oeprator atau vendor dengan para pengemudi, maka proses lelang menjadi dipercepat.

Mulanya, lanjut Budi, operator diminta untuk beroperasi kembali pada hari ini, namun ternyata butuh persiapan sehingga pengoperasian baru bisa dilakukan mulai besok.

"Jadi secara umum untuk besok, para pemenanglelang akan mulai melayani kembali rute-rute yang sudah ditentukan antara kesepakatan dengan para Kadishub, bupati/walikota, dan Kemenhub," katanya.

Baca juga: Kemenhub Kucurkan Dana Rp 3,2 Triliun buat Subsidi Kereta Api

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.