Pertamina Temukan Cadangan Minyak Bumi di Jambi

Kompas.com - 17/01/2022, 17:50 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Subholding Upstream Pertamina Regional Sumatera melalui Pertamina EP berhasil menemukan minyak di Jambi, tepatnya di Sumur Eksplorasi Sungai Gelam Timur-001 (SGET-001) yang berada di sekitar Field Jambi, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi.

Direktur Utama PT Pertamina Hulu Rokan sebagai Regional Sumatera Subholding Upstream Pertamina Jaffee Arizon Suardin mengungkapkan bahwa sumur SGET-001 terletak kurang lebih 8 km dari fasilitas produksi eksisting SP GS-02 dan 14 km dari fasilitas produksi SP Ketaling.

“Seluruh upaya ini merupakan wujud komitmen kami dalam meningkatkan cadangan dan produksi migas di Sumatera dan mendukung pencapaian target produksi migas nasional,” ujarnya dalam siaran pers, Jakarta, Senin (17/1/2022). 

Baca juga: Kebutuhan Minyak Diprediksi Masih Terus Tumbuh

Berdasarkan uji kandungan lapisan (Drill Stem Test/DST) pertama yang dilakukan pada reservoir sandstone Formasi Air Benakat pada interval 1.622-1.624 meter (mMD), ditemukan sumberdaya minyak dengan laju aliran sebesar 434 barel per hari (Barrel Oil Per Day/BOPD) dan gas 0.18 juta standar kaki kubik per hari (Million Standard Cubic Feet per Day/MMSCFD).

Selanjutnya direncanakan akan dilakukan DST kedua pada interval 1.491-1.495 meter (mMD) di Formasi Air Benakat.

“Selain capaian temuan sumber daya tersebut, secara operasional pun terbilang berhasil. Sumur SGET-001 diselesaikan lebih cepat dari jadwal dengan realisasi biaya di bawah target. Mudah-mudahan capaian tersebut bisa dipertahankan sampai rig release,” kata Jaffee.

Baca juga: Ini Alasan Pemerintah Pilih Nusantara Jadi Nama Ibu Kota Baru di Kaltim

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel Anggono Mahendrawan memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang turut andil dalam upaya menemukan cadangan-cadangan migas di semua wilayah kerja hulu migas, khususnya di wilayah Sumatera Bagian Selatan.

Ia mengatakan bahwa capaian ini dapat menjadi motivasi ke depan akan mendorong semangat semua pihak, baik Pemerintah maupun masyarakat setempat, untuk mendukung industri hulu migas dalam mencari cadangan migas secara lebih agresif.

“Kita wajib optimis bahwa tujuan bersama akan dapat diwujudkan, penemuan ini harus dapat membangkitkan semangat kita bersama, karena kemajuan industri hulu migas juga kemajuan kita semua,” kata Anggono.

Baca juga: Ketimpangan Pengeluaran Penduduk Indonesia Turun Jadi 0,381

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.