Realisasi Belanja Kementerian Pertanian 2021 Tertinggi sejak 5 Tahun Terakhir

Kompas.com - 24/01/2022, 13:23 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) mencatatkan realisasi belanja tahun 2021 mencapai Rp 15,87 triliun, atau 97,28 persen dari pagu APBN sebesar Rp 16,31 triliun.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa belanja keuangan Kementerian Pertanian tahun 2021 ini merupakan yang tertinggi selama 5 tahun terakhir.

"Dari pagu APBN sebesar Rp 16,31 triliun sampai dengan akhir tahun 2021 realisasinya mencapai Rp 15,87 triliun atau 97,28 persen. Untuk lima tahun terakhir inilah data tertinggi belanja keuangan kita dibandingkan 2020 yang lalu hanya 95,21 persen," kata Mentan Syahrul saat rapat kerja bersama dengan Komisi IV DPR RI, Senin (24/1/2022).

Mentan menuturkan pendanaan APBN tersebut digunakan untuk kegiatan utama penyediaan pangan dan juga kegiatan pendukung lainnya dengan capaian sesuai target.

Baca juga: Travel Bubble Indonesia-Singapura Dimulai Hari Ini, Patuhi Syaratnya

Mentan SYL memaparkan, realisasi kegiatan pengembangan kawasan padi mencapai 103,26 persen dari target, dengan luas tanam 1,9 juta hektar.

Kemudian, realisasi pengembangan kawasan jagung mencapai 106,29 persen dari target dengan luasan 1,4 juta hektar lahan. Realisasi pengembangan kawasan bawang merah mencapai 100 persen dari target dengan luasan 3.241 hektar.

Selain itu, pendanaan APBN juga digunakan untuk pengembangan embung pertanian, toko tani Indonesia, kawasan kakao, jaringan irigasi, jalan usaha tani, pembibitan, hijauan pakan ternak, optimalisasi reproduksi, irigasi perpipaan, dan irigasi perpompaan.

Di sisi lain, Mentan SYL juga mengatakan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) juga melebihi target. Pembiayaan melalui KUR di sektor pertanian mencapai Rp 85,61 triliun, atau 122,31 persen dari target yang ditentukan.

"Dari target KUR sebesar Rp 70 triliun Bapak Presiden mengalokasikan pada Kementerian Pertanian, hingga akhir Desember 2021 serapannya melebihi dari target atau sebesar Rp 85,61 triliun atau realisasinya mencapai 122,301 persen," kata Mentan.

Baca juga: Pembangunan Ibu Kota Nusantara Batal Gunakan Anggaran PEN

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.