Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi Jadi Tren, Ini 6 Keuntungan Memakai Rekening Online

Kompas.com - 26/01/2022, 15:02 WIB
Imalay Naomi Lasono,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Teknologi dan digitalisasi telah mengubah kebiasaan masyarakat, termasuk dalam urusan finansial. Saat ini, pemakaian rekening online pun sedang jadi tren.

Kemudahan pembuatan dan kepraktisan jadi alasan yang kerap diutarakan para pengguna. Bayangkan, pengguna tak perlu lagi repot untuk datang dan antre ke bank untuk membuka rekening.

Mereka hanya perlu smartphone dan internet sebagai modal untuk membuatnya.

Jadi, di mana pun dan kapan pun saat ingin membuka rekening online, mereka hanya perlu mengunduh aplikasi, mengisi data diri, melampirkan kartu tanda penduduk (KTP), lalu menunggu proses verifikasi sampai disetujui. Proses seperti itu biasanya hanya memakan waktu 15 menit.

Adapun salah satu penyedia layanan rekening online adalah Senyumku: Bank Digital dan Deposito.

Selain dipakai untuk bertransasi, aplikasi tersebut juga menyediakan fitur rekapitulasi catatan keuangan. Dengan begitu, pengguna dapat melihat catatan transaksi secara praktis.

Lalu, apa saja kelebihan menggunakan rekening online tersebut? Simak ulasan berikut

1. Tanpa setoran awal

Sejumlah penyedia rekening online, termasuk Senyumku, tidak memasang syarat yang rumit. Bahkan, pembukaan rekening tidak memerlukan setoran awal.

2. Bunga tabungan kompetitif

Layaknya bank konvensional, penyedia rekening online juga kerap menawarkan bunga tabungan yang kompetitif. Senyumku, misalnya, menawarkan bunga 5,5 persen per tahunnya.

3. Bebas biaya administrasi

Salah satu kelebihan lain rekening online adalah bebas biaya administrasi. Nah, sekarang pengeluaran jadi akan lebih hemat, kan.

4. Fitur tambahan

Berbeda dengan layanan perbankan konvensional, penyedia rekening online biasanya berinovasi dengan menambahkan fitur unggulan yang membuat aktivitas finansial jadi lebih gampang.

Adapun beberapa fitur yang dapat dinikmati PAda aplikasi Senyumku, di antaranya fitur Celengan, Auto categorization, Spending alert, dan Spending meter, monthly spending, daily digest.

5. Mudah diakses

Manfaat utama dalam menggunakan rekening online ada pada efisiensinya. Kapan pun dan di mana pun pengguna, mereka dapat melakukan transaksi dengan mudah dan lancar.

6. Pengelolaan keuangan jadi lebih gampang

Punya kebiasaan buruk dalam pengelolaan finansial karena tidak punya catatan transaksi Beberapa layanan rekening online menyediakan fitur rekapan transaksi.

Pada aplikasi Senyumku, sistem yang dipakai sudah mengadaptasi teknologi artificial intelligence (AI). Hal ini membuat layanan keuangan tersebut mampu menganalisis kebiasaan finansial pengguna. Dengan begitu, pengguna dapat melakukan pengelolaan keuangan dengan bijak.

Itulah tadi enam kelebihan menggunakan rekening online. Anda juga dapat menikmatinya dengan mulai membuka rekening online.

Untuk membuka rekening pada aplikasi Senyumku, Anda hanya perlu mengunduh aplikasinya, lalu lanjutkan dengan klik “Daftar”. Selanjutnya, isi data diri dan unggah foto KTP dan foto diri.

Kemudian, tunggu proses verifikasi sampai dihubungi oeh tim Senyumku. Jika sudah selesai dan disetujui, Anda sudah dapat menggunakannya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com