Kompas.com - 25/01/2022, 21:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Basuki Purwadi mengaku siap bila LMAN dilibatkan dalam proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Mengingat LMAN telah banyak membantu Proyek Strategis Nasional (PSN) pemerintah dalam hal pembayaran lahan yang akan digunakan untuk pembangunan.

“Kami harus siap buat penugasan itu, jika memang nanti ditugaskan,” tutur Basuki dalam Taklimat Media: kinerja KMAN 2021 dan rencana kerja 2022, pada Selasa (25/1/2022).

Akan tetapi, Basuki bilang, hingga saat ini LMAN belum menerima penugasan khusus dari pemerintah atau Kementerian Keuangan dalam pembangunan IKN. Alasannya Undang-Undang IKN baru disahkan beberapa lalu.

Baca juga: Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online hingga Rp 10 Juta

Selain itu, menurutnya dalam pelaksanaanya membutuhkan penerjemahan UU dalam bentuk PP atau Perpres sebagai payung hukum. Sehingga UU IKN tidak bisa langsung diimplementasikan dalam waktu dekat.

“Kita tahu UU IKN ini masih hangat dan baru disahkan dan kita tahun UU ini tidak lantas demikian bisa diimplementasikan,” jelasnya.

Selain itu, dengan pengelolaan aset yang ditinggalkan nanti oleh pemerintah saat pindah ke IKN, menurutnya LMAN masih belum menemukan titik terang akan tugasnya.

Namun pihaknya akan siap bila di kemudian hari mendapatkan penugasan untuk kelola aset pemerintah.

“Ini juga belum otomatis tugas LMAN, tapi kalau ditugaskan kami harus siap,” kata Basuki. (Reporter: Siti Masitoh | Editor: Herlina Kartika Dewi)

Baca juga: Pembangunan Ibu Kota Nusantara Batal Gunakan Anggaran PEN

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Tunggu Penugasan, LMAN Siap Terlibat Dalam Pembangunan IKN

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.